Di Rumah Bung Karno, Sedulur Marhaen Deklarasi Dukung Gus Ipul-Mbak Puti

KEDIRI – Sedulur Marhaen mendukung Calon Gubernur (Cagub) Saifullah Yusuf bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Puti Guntur Soekarno, dalam kontestasi Pilkada Jatim 2018.

Dukungan Sedulur Marhaen dideklarasikan di Sanggar Budaya Sasono Pandji Saputro, aula Situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno, di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (10/2/2018) malam.

Deklarasi itu dihadiri Puti yang merupakan cucu Presiden pertama RI, Ir Soekarno. Puti datang sekitar pukul 20.00, setelah sebelumnya menghadiri acara di Kabupaten Kediri, maupun Kota Malang.

Pengagas acara bertajuk “Sedulur Marhaen Ngobrol Bareng Mbak Puti”, Eva K Sundari mengatakan pihaknya berupaya mengumpulkan seluruh sedulur Marhaen, anggota panguyuban pengagum Bung Karno beserta persatuan alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan GMNI aktif.

“Ibarat ini mengumpulkan balung-balung (tulang-tulang) Marhaen yang berserakan, saya kumpulkan lagi. Ada putune (cucunya) Bung Karno (Puti Guntur Soekarno), ayo semuanya kumpul,” kata Eva.

Anggota DPR-RI Komisi XII dari Fraksi PDI Perjuangan itu menyebutkan, respon Sedulur Marhaen begitu antusias ketika mendengar woro-woro atau informasi untuk berkumpul tersebut.

Pihaknya optimistis kehadiran Sedulur Marhaen itu bakal berdampak positif terhadap Cagub-cawagub yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PKS dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul-Mbak Puti.

Anggota DPR dua periode dari Dapil Kota/Kabupaten Kediri, Tulungagung dan Kota/Kabupaten Blitar itu optimistis, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti bakal mendulang suara sedikitnya 60 persen di kawasan eks-Karesiden Kediri.

“Kegiatan ini sekaligus untuk menggabung kekuatan mendukung Mbak Puti,” paparnya.

Pada kesempatan itu, di tengah gejolak NKRI dalam menghadapi tantangan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mbak Puti mempunyai amanah meneruskan mimpi-mimpi dan cita-cita Bung Karno, membangun masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila,” tuturnya.

Sementara itu, Kushartono, seorang anggota keluarga Ndalem Pojok mengatakan, karena ada hubungan keluarga dengan Bung Karno, pihaknya dengan senang hati menyambut kedatangan Puti.

Pihaknya telah mengetahui Puti maju bakal maju menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) bersama Cagub, Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jatim 2018. “Kita turut mendoakan,” ucappnya. (goek)