Di Matahari Terbit, Kader PDIP dari Berbagai Daerah Marakkan Kongres

DENPASAR – Lapangan Matahari Terbit di Pantai Sanur, Denpasar, Bali disesaki penggembira Kongres V PDI Perjuangan yang berlangsung di Grand Inna Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019).

Mereka memenuhi kawasan yang oleh panitia Kongres disiapkan untuk menampung parkir kendaraan rombongan kader-kader PDI Perjuangan yang memeriahkan Kongres V.

Tidak hanya dari daerah sekitar Bali seperti Jawa dan NTB, dan NTT, rombongan penggembira juga terpantau dari Sumatera dan daerah luar Jawa lainnya.

Rombongan penggembira dari kabupaten dan kota di Jawa Timur, hampir semuanya berkumpul di lapangan Matahari Terbit. Selain menikmati beragam kuliner dan pernak-pernik Kongres seperti baju, kaos, topi, dan bermacam asesoris lainnya, mereka menikmati pertunjukan kesenian Bali di panggung hiburan.

Koordinator lapangan rombongan massa pendukung Kongres V PDIP se-Jatim, Whisnu Sakti Buana mengatakan, pihaknya memang mengarahkan rombongan penggembira ke Lapangan Matahari Terbit pada pembukaan Kongres. Hal ini untuk memudahkan koordinasi dan membantu ketertiban pelaksanaan Kongres.

“Kami arahkan mereka untuk lebih dahulu menuju Lapangan Matahari Terbit sebelum jam 12 siang. Kongres sendiri dibuka Ibu Ketua Umum pada jam 1 siang,” jelas Whisnu.

Data yang masuk, sebut politisi yang juga Wakil Wali Kota Surabaya ini, sedikitnya 3.095 kader PDIP dari DPC-DPC se-Jatim yang memerintahkan Kongres V di Bali. Mereka naik 54 bus, 10 elf, dan 45 mobil.

“Itu belum dari kader dan simpatisan yang datang ke Bali atas inisiatif sendiri di luar yang dikoordinir DPC,” ujar Wakil Ketua DPD PDIP Jatim ini.

Setelah dari lapangan Matahari Terbit, usai memarakkan acara pembukaan di sekitar arena Kongres, rombongan penggembira pun melanjutkan perjalanan menuju berbagai tempat wisata di Pulau Bali.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, peserta kongres dibagi menjadi dua. Pertama, utusan yang terdiri Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB) dari 34 provinsi dan 514 DPC serta ditambah dengan DPLN (Dewan Perwakilan Luar Negeri).

Kedua adalah peninjau yakni undangan khusus mulai dari senior partai,dan anggota dewan.

Di samping itu ada juga peserta penggembira yang  dipusatkan di Lapangan Pantai Matahari Terbit.

Kongres V PDI Perjuangan di Bali resmi digelar pada 8-10 Agustus 2019. Hajatan lima tahunan yang dibuka Megawati Soekarnoputri ini dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain dihadiri Presiden Jokowi, pembukaan kongres juga akan dihadiri Wakil Presiden Terpilih, KH Maruf Amin, para senior dan sesepuh PDIP, menteri kabinet kerja, dan sederet undangan lainnya.

Panitia Kongres juga mengundang para ketua umum parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, yakni Golkar, NasDem, PKB, PPP, Hanura, PBB, PKPI, PSI, dan Perindro. Sedangkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto merupakan undangan khusus dari Megawati. (goek)