Di KTT G-20 Osaka, Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

OSAKA – “Congratulation… congratulation.” Ucapan selamat itu diterima Presiden Joko Widodo dari hampir semua kepala negara/kepala pemerintahan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di INTEX, Osaka, Jumat (28/6/2019).

Para kepala negara itu mengucapkan selamat setelah Jokowi resmi memenangkan Pilpres 2019, pasca ditolaknya gugatan pasangan Capres-cawapres Prabowo-Sandi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (27/6/2019) malam.

Disampaikan Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi Jokowi, ucapan selamat itu merupakan ucapan pertama para kepala negara/kepala pemerintahan ketika bertemu Presiden Jokowi.

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela-sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu official welcome dan family photo, maupun ketika para kepala negara/kepala pemerintahan akan memulai Leader’s Side Event.

Para kepala negara/kepala pemerintahan itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Juga PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Saat di ruang Leaders’ Area untuk menantikan sesi official welcome dan family photo, Jokowi sempat berbincang bersama kepala negara, kepala pemerintahan negara-negara anggota G-20, dan juga pimpinan lembaga internasional dalam suasana yang akrab.

Tampak dalam perbincangan itu antara lain Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Bahkan dalam kesempatan itu Presiden Trump sempat memberikan permen kepada Presiden Jokowi.

Jokowi menghadiri Leader’s Side Event dengan tema “Digital Economy“. Di antara dua sesi working lunch, Presiden akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Adapun dalam sesi pertama working lunch, tema yang diangkat adalah “Digital Economy & Trade and Investment“. Sementara sesi keduanya mengangkat tema “Innovation on Digital Economy and Artificial Intelligence“.

Setelah itu, Presiden diagendakan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral, dan petang harinya, bersama Ibu Iriana akan menuju Osaka Geihinkan. Di tempat itu, para pemimpin negara-negara G20 akan disuguhi pertunjukan budaya dan jamuan makan malam bersama. (goek)