Di Kongres V, PDIP Saudi Bakal Usulkan Penambahan Posisi Baru

JEDDAH – Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) PDI Perjuangan Saudi Arabia bakal mengusulkan penambahan posisi baru Ketua Bidang di tingkat DPP pada Kongres V PDIP yang akan berlangsung 8-10 Agustus di Bali.

Sekretaris DPLN PDIP Saudi Arabia Eka Sapta Rivai mengatakan, selain adanya wacana penambahan posisi baru Ketua Harian atau Wakil Ketua Umum di periode mendatang, pihaknya berencana mengusulkan penambahan posisi baru

“Kami akan mengusulkan posisi Ketua Bidang Advokasi dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI),” kata Eka, sebagaimana keterangan tertulisnya, Sabtu (29/6/2019).

Dia menjelaskan, posisi Bidang Advokasi dan Perlindungan WNI selama ini baru di tingkat DPLN  saja. Agar bidang tersebut berjalan efektif, maka diperlukan penambahan posisi baru yang khusus membidangi hal tersebut.

Usulan ini, sebutnya, demi meningkatkan efektifitas dan penguatan PDI Perjuangan dalam bersinergi dengan pemerintahan Jokowi di periode kedua.

“Permasalahan WNI di luar negeri khususnya Pekerja Migran Indonesia, tidak bisa disamakan dengan yang di dalam negeri. Usulan kami tentang penambahan posisi baru di tingkat DPP itu perlu dipertimbangkan,” ujarnya.

Menurutnya, posisi tersebut bisa diisi dengan merekrut salah satu pengurus DPLN atau lainnya. Setidaknya, sambung Eka memahami persoalan Pekerja Migran Indonesia di luar negeri.

Ketua Bidang Advokasi dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia itu sendiri, jelas Eka, nantinya dapat mengkoordinir DPLN PDI Perjuangan. Sebab, efektifitas program PDIP terhadap WNI di luar negeri tentunya yang berkaitan dengan Pekerja Migran Indonesia.

“Serta dapat memberikan masukan – masukan kepada Pemerintah yang berkaitan dengan advokasi dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia,” tambah dia.

Meski demikian, lanjut Eka, segala keputusan nanti diserahkan kepada Megawati Soekarnoputri, sebagai calon tunggal Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019 – 2024,  termasuk perihal usulan dari DPLN PDIP Saudi Arabia.

“Kami percaya Ibu Megawati mempunyai kepedulian yang sangat tinggi terhadap Pekerja Migran Indonesia. Hal ini terbukti PDI Perjuangan memenangkan  Pemilu Legislatif 2019 dan mendapat dukungan WNI di sebagian besar luar negeri,” katanya.

Jajaran pengurus PDIP di Saudi Arabia baik tingkat DPLN maupun PPLN, imbuh Eka, mendoakan Megawati Soekarnoputri dari tanah suci untuk diberi kesehatan dan kekuatan, untuk menjalankan amanah sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan di periode mendatang.

“Kalaupun nantinya diundang dalam Kongres V PDI Perjuangan di Bali, insya Allah kami akan kirim utusan, yang  salah satunya Ketua DPLN PDI Perjuangan Saudi Arabia Sharief Rachmat,” pungkasnya. (goek)