Di 7 Tempat Ini Jokowi Menyapa Warga Banyuwangi

Jokowi di BanyuwangiiNAMANYA juga Jokowi. Kedatangannya di Banyuwangi, hari Jumat (4/4/2014), yang semula dijadwalkan mampir di tiga tempat menjadi tujuh tempat.

Kegiatan blusukan, hadir ditengah-tengah rakyat, sepertinya mendarah daging pada diri Jokowi. Sesuai jadwal kegiatan Jokowi di Banyuwangi yang beredar luas, bahkan disiarkan oleh radio lokal,  bakal calon presiden PDI Perjuangan ini dijadwalkan mampir di tiga tempat.

Yaitu ke Pasar Genteng pada jam  9.30 sampai 10.00 WIB, Pasar Kalibaru jam 11.00, dan dilanjut Salat Jumat di masjid setempat.

Namun, inilah faktanya. Kader PDI Perjuangan yang sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta itu turun menyapa dan mendengar keinginan rakyat tidak saja di tempat-tempat tersebut. Juga di tempat-tempat berikut ini.

Satu, Desa Blimbingsari Kecamatan Rogojampi jam 09.55. Jokowi turun dari mobil lantaran banyaknya warga yang menginginkan bersalaman. Titik ini hanya berjarak waktu tempuh 10 menit dari Bandara Blimbingsari, tempat pesawat ditumpangi Jokowi mendarat pada jam 09.45.

Baca: Bupati-Wabup Banyuwangi Sambut Jokowi

Dua, Desa Maras Kecamatan Rogojampi jam 10.14. Tiga, Desa Gladak Kecamatan Rogojampi jam 10.26. Empat, Jl Pekauman Rogojampi jam 10.47.

Lima, Pasar Srono Kecamatan Srono jam 11.18. Enam, Salat Jumat di Masjid Jami’ Al Falah, Benculuk Kecamatan Cluring pada jam 11.40.

Baca: Jokowi Jumatan di Masjid Benculuk Banyuwangi

Tujuh, Jl Raya Genteng di sekitar Sun East Mall pada jam 13.08. Jokowi terus berjalan menyusuri trotoar sepanjang  Jl Gajahmada.

Tempat-tempat tersebut tidak termasuk kerumunan warga di pinggir jalan yang minta bersalaman dengan Jokowi di dalam mobil. Misalnya di Jl Raya Benculuk sekitar pasar, Jl Raya PB Sudirman Benculuk, dan Jl Raya Kalibaru. Kerumunan orang di pinggir jalan seperti ini praktis membuat laju kendaraan Jokowi melambat.

Di sepanjang jalan yang dilalui Jokowi, nama pria yang juga Gubernur DKI Jakarta itu tak henti-henti dielu-elukan warga. Rupa-rupa komentar dari warga  yang berkesempatan melihat langsung, bersalaman, dan foto bareng mantan Wali Kota Solo tersebut.

“Alhamdulillah, bisa salaman dengan Pak Jokowi,” kata seorang ibu di Srono. “Kalau begini kenyataannya, sudah pasti menang,” kata bapak-bapak di Jl Pekauman. “Aku melihat langsung wajah Pak Jokowi,” kata pelajar berseragam pramuka di Jl Raya Benculuk. (*)