Dhito Siap Wujudkan Gedung bagi Pekerja Seni Budaya

KEDIRI – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono  berencana membangun gedung kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Kediri.

Dengan adanya gedung tersebut, dia berharap para pelaku seni memiliki tempat berekspresi di bidang seni budaya.

Sebab selama ini di Kabupaten Kediri belum ada gedung kesenian dan kebudayaan. Biasanya mereka tampil dari desa ke desa dengan memanfaatkan kantor balai desa.

“Kabupaten Kediri harus mempunyai gedung kesenian dan kebudayaan, serta memiliki dewan kesenian dan kebudayaan supaya tetap bisa berkegiatan. Pentas di tempat tersebut tentunya mematuhi protokol Covid,” kata Dhito, Kamis (1/1/2020).

Gagasan ini secara terbuka dia sampaikan saat bertemu dengan Paguyuban Pekerja Seni Sor Terop, di gedung serba guna Desa Karang Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Rabu (30/9/2020) sore.

Dhito menyadari pada masa pandemi sekarang merupakan masa sulit bagi para pelaku seni. Namun kesulitan ini tidak hanya dialami oleh mereka, tapi juga semua sektor lainnya.

“Di tengah pandemi saat ini tidak hanya pekerja seni. Sektor lainnya pun akhirnya mau tidak mau harus gulung tikar. Mensiasati bagaimana para penggerak seni ini bisa beraktivitas, tapi mematuhi protokol Covid, maka harus memiliki gedung kesenian,” ujar putra Seketaris Kabinet Pramono Anung tersebut.

Jika dia diberi amanah oleh masyarakat untuk menjadi Bupati Kediri, nantinya akan dilihat apakah program  pembangunan gedung dewan kesenian tersebut sudah diplanning atau belum oleh pemerintah daerah. Jika sudah maka dia segera menindaklanjutinya.

“Kalau sudah ada maka kita akan tindaklanjuti dalam jangka pendek. Kalau pun belum ada maka kita masukkan waktu jangka menengah. Karena apa pun itu kalau saya diamanatkan, maka baru bisa mengusulkan program di tahun 2022,” terang Dhito. (putera)