Dhito: Produk Makanan-minuman Warga Talun Sudah Level Nasional

KEDIRI – Calon tunggal Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono, memberi acungan jempol terhadap produk makanan dan minuman hasil produksi warga Desa Talun, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, yang tergabung dalam UMKM Bunda Kreatif.

Menurut Dhito, makanan dan minuman yang diproduksi dan dijual UMKM Bunda Kreatif kualitas rasanya tidak kalah dengan produk tingkat nasional.

“Kalau dari segi rasanya bersaing tingkat skala nasional,” kata Dhito, saat bertemu anggota UMKM Bunda Kreatif, Rabu (28/10/2020).

Ungkapan itu dia sampaikan, saat mengunjungi Desa Talun. Warga setempat yang tergabung dalam UMKM saat ini berjumlah 60 orang.

Produk UMKM yang dijual berupa makanan dan minuman. Dari sekian banyak produk usaha yang ada, paling dikenal adalah makanan jamur crispy.

Pemkab Kediri ke depan, sebutnya, tidak segan untuk membantu memberikan pelatihan kepada 60 anggota UMKM Bunda Kreatif agar produknya punya nilai lebih ketimbang saat ini.

Sehingga, terang Dhito, produk UMKM Desa Talun bisa menasional. “Nanti  yang sudah punya izin, kita berikan pelatihan yang berbeda menyesuaikan dengan potensi perkembangan UMKM tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, banyak pelatihan yang diberikan, mulai bagaimana tentang manajemen, produksi, kemasan, pemasaran, serta melihat kekuatan produk itu.

“Juga kelemahannya di mana, terus kesempatan produk itu berkembang bagaimana semuanya harus kita lihat, jadi banyak variabelnya,” bebernya.

Soal pemasaran, imbuh Dhito, jika terpilih pada 9 Desember 2020, dia menginginkan keterlibatan pemuda atau mereka yang tergabung dalam Karang Taruna untuk menjadi agen pemasaran UMKM di masing-masing desa.

Dalam agenda kampanye hari ini, Dhito juga blusukan mendatangi  pasar tradisional Kecamatan Kras.

Cabup yang didukung dan diusung 9 partai politik gabungan parlemen dan non Parlemen tersebut juga menyambangi pelaku UMKM produk pakan ikan dan burung di Desa Kanigoro. (putera)