oleh

Dewanti Percepat Reopening Destinasi Wisata yang Siap Jalankan SOP

KOTA BATU – Wali Kota Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menginginkan sektor pariwisata di Kota Batu bisa kembali beroperasi agar roda perekonomian warga tak terlalu lama terpuruk.

Karena itu Dewanti mempercepat reopening atau pembukaan kembali destinasi wisata yang dinilai siap menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) di tengah pandemi Covid-19.

Pada Rabu (15/7/2020), Dewanti bersama Forkompimda Batu meninjau kesiapan Jawa Timur Park (JTP) 3 agar destinasi wisata ini bisa segera beroperasi di akhir pekan ini.

Sebenarnya, manajemen JTP 3 mengagendakan untuk reopening pada bulan Agustus. Namun wali kota ingin mempercepat pembukaan kembali destinasi wisata yang sudah dianggap siap menjalankan SOP sesuai protokol kesehatan.

“Kalau memang manajemen JTP 3 sudah siap, kenapa menunggu bulan Agustus?. Saya bilang ke mereka (manajemen) kalau bisa buka kembali di weekend (akhir pekan-red) ini,” ujar Dewanti.

Hasil kunjungan, Dewanti menilai JTP 3 sudah siap beroperasi kembali di tengah pandemi Covid-19. Manajemen telah menerapkan protokol kesehatan, dan juga telah menyiapkan ruang isolasi yang bisa digunakan oleh pengunjung ataupun karyawan yang terindikasi Covid-19.

“Semakin cepat tempat wisata buka kembali maka pemulihan di sektor wisata akan cepat terlaksana. Hal ini juga agar roda perekonomian masyarakat tidak terlalu lama terpuruk,” tambah wali kota yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Hingga saat ini di Kota Batu baru ada dua destnasi wisata non alam yang telah dibuka.

Selain JTP 3 pada akhir Juni lalu JTP 2 juga telah dibuka kembali oleh wali kota. Sementara untuk perhotelan sudah ada 34 hotel di Kota Batu yang telah beroperasi kembali.

Meski begitu, Gugus Tugas Kota Batu tetap melakukan pemantauan, apakah simulasi yang sudah dilakukan sangat baik ini tetap diterapkan di lapangan atau tidak.

Sementara, manajer pemasaran JTP Group, Titik S Ariyanto mengatakan bahwa JTP 3 sudah lebih tiga bulan tidak beroperasi atau tutup. Dan saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pembukaan kembali pada Sabtu (18/7/2020) depan. (goek)

rekening gotong royong