Debat Perdana Capres-Cawapres 2019, Jokowi-Ma’ruf Siap Lahir Batin

JAKARTA – Malam ini, Kamis (17/1/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Pemilu 2019. Debat di Hotel Bidakara, Jakarta, pada pukul 20.00 WIB ini akan dimoderatori Ira Kusno dan Imam Priyono.

Ada 5 (lima) panelis yang tampil dalam debat yang mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme itu, yaitu Prof. Bagir Manan, Prof. Hikmahanto Juwana, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanto, dan Margarito Kamis.

KPU mengajak masyarakat menyaksikan debat perdana Capres-Cawapres 2019 yang diselenggarakan oleh TVRI, RRI, Kompas TV, dan Rajawali TV (RTV) itu, untuk mengetahui semua hal yang dimiliki oleh pasangan calon yang bersaing.

“Saya mengimbau kepada seluruh pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 untuk menyaksikan debat. Karena ini penting bagi Anda semua, untuk menjadikannya referensi untuk memilih pada 17 April 2019,” kata Ketua KPU Arief Budiman.

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf siap menghadapi debat perdana Pilpres 2019.

“Semuanya siap lahir dan batin. Enggak tahu yang di sana. Pak Jokowi – Ma’ruf siap lahir batin,” kata Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu mengatakan, Ma’ruf Amin bakal memindahkan panggung rakyat di atas panggung debat. Dia menjamin dalam debat akan menampilkan jati diri kepemimpinan kedua pasangan calon.

“Buat KH Ma’ruf Amin beliau hanya memindahkan panggung rakyat ke ruang debat. Karena seluruh persoalan yang dihadapi oleh masyarakat indonesia itu udah dialogkan dengan KH Ma’ruf Amin dengan intensitas dialognya yang sangat tinggi dengan seluruh lapisan masyarakat sebgai seorang ulama,” ujar Hasto.

Menurutnya, Ma’ruf telah disiapkan materi debat perdana. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu memiliki latar belakang komplet keilmuannya karena merupakan profesor dan lama berkecimpung di politik. “Dengan demikian gambaran kepemimpinan KH Ma’ruf Main untuk mendamping Pak Jokowi itu juga di dalam debat nanti juga menampilkan gambaran sebagai seorang ulama,” kata Hasto. (goek)