Dari Kampung ke Kampung, Risma Ajak Warga Terapkan Protokol Kesehatan

SURABAYA – Wali Kota Tri Rismaharini bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga Kota Pahlawan, Minggu (5/7/2020).

Mengendarai motor listrik gesits, Risma bersama rombongan berangkat dari Rumah Kediaman Wali Kota Surabaya Jalan Sedap Malam. Tujuan pertama adalah daerah Gubeng Kertajaya, Dharmawangsa dan Gubeng Airlangga.

Sambil menggunakan pengeras suara, Risma terus mengimbau warga untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting. Jika memang terpaksa keluar, harus memakai masker dan tidak lupa mencuci tangan.

Tidak jarang wali kota 2 periode ini turun dari kendaraan dan berjalan menyusuri gang kecil untuk mengimbau langsung kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tolong dipakai maskernya bapak ibu, biar tidak sakit. Selalu cuci tangan dan jaga jarak” ajak Risma sambil membagikan masker kepada warga.

Wali Kota perempuan pertama Kota Surabaya ini juga menegur penjual yang tidak menggunakan masker dengan benar saat melayani pembeli. Menurutnya, para penjual berisiko tertular dan menulari karena berinteraksi dengan banyak orang, jadi harus benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau Anda (penjual) sakit, maka akan berisiko menularkan kepada semua pembeli,” tuturnya.

Dari kawasan Gubeng, rombongan melanjutkan perjalanan ke daerah Tambaksari yakni Pacarkeling, Jedong, Bronggalan, Gersikan, Ploso, dan Bogen. Di wilayah tersebut, Risma juga tak henti mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M. Fikser menyampaikan, aktivitas itu akan dilakukan terus menerus oleh Risma.

Hal ini sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kepada warganya agar tidak ada lagi yang tertular Covid-19. “Aktivitas itu akan dilakukan terus menerus di semua kampung,” jelas Fikser. (goek)