Dalam Mengisi Pembangunan, Generasi Muda Perlu Cermati Ini…

SURABAYA – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD awa Timur, Sri Untari Bisowarno berharap generasi muda di masa mendatang dapat meneladani pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan negara.

Menurutnya, tugas generasi muda adalah melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan dengan mengisinya dengan pembangunan.

“Dalam mengisi pembangunan itu, generasi muda perlu mencermati tiga hal yang dipahami dan dilaksanakan oleh generasi muda,” kata Sri Untari, Kamis (9/10/2017).

Pertama, generasi muda penting memahami akan keberagaman bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat di Jawa Timur.

Sri Untari mengatakan pemahaman keberagaman itu sangat penting bagi generasi muda karena bangsa Indonesia dan khususnya provonsi Jawa Timur adalah bangsa yang sangat beragam.

“Mayoritas di Jawa Timur adalah suku dan etnis Jawa, tetapi entitas suku bangsa yang lain di Jawa Timur sangat beragam, ada suku madura, suku tengger. suku osing, dan banyak suku pendatang lainnya,” urai politisi asal Malang ini.

Pesan kedua yang disampaikan Sri Untari adalah agar generasi muda perlu menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter pada kehidupan sehari-hari.

Karakter dalam mendukung agenda nasional revolusi mental diantaranya adalah semangat kerja keras, kejujuran, kedisiplinan, optimisme.

“Sebagai bangsa yang besar tidak sekedar menghormati semangat kejuangan para pahlawan saja, tapi karakter baik dari pahlawan juga perlu menjadi suri tauladan bagi generasi muda,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini.

Pesan ketiga yang disampaikan Sri Untari adalah soal etika dalam menggunakan media sosial. Media Sosial saat ini sudah sangat terbuka dan tidak bisa kita hambat perkembangannya dengan cara apa pun.

Sri Untari menyayangkan sosial media justru digunakan untuk saling hujat, menjelekkan antar anak bangsa, saling memaki, memfitnah, adu domba.

“Media sosial harus dimanfaatkan oleh generasi muda, sebagai sarana pendidikan dan sarana berwawasan untuk menggali informasi baik untuk perkembangan karakter generasi muda,” pungkasnya. (ven)