Cerita Ridwan Kamil 3 Jam Lukis Gambar Banteng untuk Megawati

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan lukisan bergambar banteng kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Lukisan itu diberikan melalui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menghadiri kegiatan PDI-P melakukan penghijauan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, yang berpusat di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey, Bandung, Minggu (2/2/2020).

“Saya ada hadiah untuk Ibu Mega, mohon disampaikan. Hadiahnya berupa lukisan,” ucap Kang Emil, sapaannya, di atas panggung.

Emil menceritakan, lukisan tersebut dikerjakannya seorang diri. Ia mengerjakan pada Jumat (31/1/2020) malam. Ia hanya butuh waktu tiga jam untuk menyelesaikan lukisan tersebut.
“Jadi ini gambar bantengnya PDI Perjuangan latar belakang merah. Tapi ini (di tubuh banteng, red) warna warni. Ini menandakan PDI Perjuangan menyerap warna-warna kehidupan dalam siluet bantengnya,” terang Emil. “Mudah-mudahan berkenan,” tambah dia.

Setelah menyampaikan hal tersebut, Hasto kemudian menghampirinya dan menerima lukisan gambar banteng yang akan diberikan kepada Megawati. “Terima kasih,” kata Hasto.

Selain menyerahkan lukisan tersebut, Emil juga menyempatkan waktu menanam pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Adapun jumlah pohon yang ditanam di sepanjang DAS Citarum sebanyak 222.020 pohon.

Dari jumlah bibit pohon yang ditanam, meliputi 150 jenis pohon, di antaranya 89 pohon endemik Indonesia dan sisanya pohon umum. Bibit itu dibagikan kepada para kader dan ditanam di sejumlah daerah di Jawa Barat, di antaranya Sumedang, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Menteri Sosial Juliari Batubara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, yang diikuti sejumlah pengurus teras PDIP lainnya yakni Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi Sukur Nababan, Ketua Bidang Ideologi, Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, dan Wasekjen PDI-P Sadarestu.

Selain itu juga hadir Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar dan Ono Surono. (kompas)