oleh

Cegah Meluasnya Corona, Ini Pesan Ramadan Anas bagi Warga Banyuwangi

BANYUWANGI – Di hari pertama ibadah puasa Ramadan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mencegah meluasnya wabah virus Corona (Covid-19).

“Di bulan suci Ramadan ini mari kita berdoa dan ikhtiar semoga wabah Covid-19 ini segera dijauhkan dari kita di Kabupaten Banyuwangi,” kata Anas, Jumat (24/4/2020).

Lebih lanjut, Anas berpesan bila ada yang melakukan ibadah bersama di masjid agar tetap mematuhi protokol pencegahan menularnya virus Corona. Seperti mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

“Saya berpesan, kalau kita ke masjid, atau melaksanakan ibadah bersama orang lain, jangan lupa gunakan masker, lakukan cuci tangan, kemudian jaga jarak antara satu dengan yang lain. Saya berharap, ini terus bisa dikerjakan,” ujarnya.

Tak kalah penting saat ini, tambah Anas, yakni saling mengingatkan bila ada saudara yang terpaksa pulang kampung ke Banyuwangi agar disiplin menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Bila setiba di rumah keadaannya tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri karena keterbatasan fasilitas, sebut Anas, saat ini di Banyuwangi telah tersedia 242 rumah isolasi di berbagai desa dengan total kapasitas hampir 1.000 tempat tidur.

“Jika tidak bisa isolasi mandiri di rumah, setiap desa telah menyiapkan tempat tempat isolasi, dengan makanan yang sudah disiapkan gotong royong oleh masyarakat,” sebut Anas.

Dalam website www.corona.banyuwangikab.go.id masyarakat bisa melihat peta digital yang menyediakan detail lokasi rumah-rumah isolasi di setiap desa di Banyuwangi.

Dalam peta digital tersebut telah dilengkapi detail alamat rumah isolasi, penanggung jawab hingga nomor yang bisa dihubungi. (goek)

rekening gotong royong