oleh

Blusukan, Mas Ipin Bahas Rencana Wujudkan Panggul jadi Little Jogja

TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten Trenggalek serius menggarap rencana perwujudan “Little Jogja” di Kecamatan Panggul. Hal itu dibahas dalam kunjungan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama para kepala dinas ke Panggul, Senin (28/12/2020).

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, kedatangannya ke Panggul dalam rangka safari rutin Pemkab Trenggalek beberapa pekan sekali. Safari di Panggul kali ini salah satunya membahas tentang konsep pembangunan Little Jogja.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pemkab Trenggalek akan menyiapkan studi di P-APBD 2021 dan pembangunan fisik dimulai 2022. “Nanti akan kami siapkan (feasibility) study-nya pada Perubahan APBD 2021 dan pada 2022 kami mulai pembangunan fisiknya,” tutur Mas Ipin.

Tidak ingin setengah-setengah dalam mewujudkan hal tersebut, pemimpin muda ini minta jajarannya untuk mendatangkan ahli maupun budayawan dari Jogja bila perlu, sehingga pembangunan yang akan dilakukan memiliki filosofi yang tepat.

Menurut catatan sejarah yang ada di pemkab, ungkap Mas Ipin, Panggul punya ikatan erat dengan Kraton Yogyakarta.

Konon, Demang Panji Nawangkung dari Panggul punya peran membantu Sri Sultan Hamengku Buwono I dalam mendirikan Kasultanan Ngayogyakarta.

Little Jogja, kata sebut bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini, bakal jadi suguhan unggulan yang pasarnya luas. Cakupan pasar itu Pacitan, Ponorogo, Solo, hingga Yogyakarta.

Maka dalam pembangunan Little Jogja ke depan, pihaknya juga akan mengutamakan keterhubungan antara Panggul hingga Yogyakarta.

Untuk menunjang persiapan Little Jogja, bupati terpilih dalam Pilkada 2020 itu juga minta tiap desa mengusulkan program prioritas pembangunan.

Harapannya, Little Jogja nanti tak hanya berpusat di wilayah pusat kecamatan, tapi juga mendorong pengembangan di desa-desa.

“Ada 17 desa di sini. Dan kami tadi minta list dan daftar prioritas programnya untuk ditindaklanjuti,” tutur Mas Ipin.

Camat Panggul, Agus Karyanto sangat mendukung upaya Pemkab Trenggalek dalam mewujudkan Panggul menjadi Little Jogja. Karena konsep tersebut, menjadikan Panggul memiliki peluang menangkap potensi kunjungan wisata dari Jogja, Solo, Pacitan dan sekitarnya.

Sekadar diketahui, konsep Little Jogja sempat dilontarkan Mas Ipin ketika masa kampanye Pilkada Trenggalek 2020.

Saat debat publik, Mas Ipin mengatakan, akan memprioritaskan pembangunan dengan membagi Trenggalek menjadi empat wilayah potensial. Salah satunya, kawasan Panggul dengan konsep Little Jogja-nya. (goek)

rekening gotong royong

Komentar