Blusukan ke Pasar, Dhito Tampung Keluh Kesah Pedagang dan Berbagi Masker

KEDIRI – Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono melanjutkan kegiatan blusukan menyapa warga di tiga titik di wilayah Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Jumat (23/10/2020).

Cawabup yang diusung PDI Perjuangan ini kali pertama menyapa ratusan pedagang tradisional di Kecamatan Semen.

Pemuda berusia 28 tahun ini mendatangi setiap pedagang yang mangkal di sana. Dengan telaten, dia mengajak ngobrol setiap pedang mendengar keluh kesah persoalan yang dihadapi

Dari hasil perbincangan tersebut, diketahui jika permasalahan yang dihadapi saat ini terkait keberadaan para pedagang yang berjualan di luar, dirasa sedikit mengganggu akses jalan. Namun yang menjadi pokok persoalan  beberapa pedagang justru merasa lebih nyaman apabila berjualan di luar.

“Tadi saya sudah bertanya dengan beberapa pedagang, memang kondisinya sedikit mengganggu akses jalan. Tadi saya berdiskusi nampaknya mereka merasa nyaman di luar,” ungkap Dhito, sapaan akrab Hanindhito. 

Terkait persoalan tersebut, Dhito berjanji akan berusaha mencarikan solusi. Dia menilai ada dua kemungkinan keputusan yang akan diambil untuk mengatasi permasalahan ini, di antaranya relokasi atau penataan ulang keberadaan para pedagang yang ada di dalam.

“Nanti coba kita akan carikan relokasi nya, apakah perlu relokasi atau tidak. Jika memang tidak perlu maka kita perlu melakukan lagi penataan di dalam. Jika memang perlu maka kita akan berbicara dengan para pedagang satu persatu,” ujarnya.

Dampak yang ditimbulkan karena adanya aktivitas pedagang diluar area pasar, membuat petugas setempat terpaksa harus melakukan penutupan akses jalan dan hanya bisa dilewati satu arah terutama pada hari minggu.

Selain mendengar keluh kesah para pedagang pasar tradisional, Dhito dan timnya juga mengingatkan kepada masyarakat atau pun pengunjung agar saat berbelanja selalu menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan memakai masker.

Dalam rangkaian kampanye tersebut, Dhito juga membagikan masker secara Cuma-cuma kepada masyarakat. (putera)