Blantik Sapi di Nganjuk Mengadu ke Jokowi

Jokowi-Pasar sapiSEJUMLAH pedagang sapi di Pasar Hewan Bagor Kabupaten Nganjuk menyampaikan keluhan kepada Joko Widodo terkait harga sapi yang kerap turun. Keluhan disampaikan saat Jokowi dan rombongan mampir ke tempat itu.

“Bagaimana harga sapi?” Tanya Jokowi kepada sejumlah pedagang. “Harga sapi sering turun, Pak. Gara-gara banyak daging luar di pasar (impor daging),” jawab salah seorang blantik. “Betul, Pak. (Harga) terus turun. Kami susah kalau terus-terusan seperti ini,” timpal yang lainnya.

Disambati seperti itu, Jokowi nampak terdiam. Menarik nafas dalam-dalam lalu mengangguk. Tangannya mengayun dan menepuk bahu blantik lawan bicaranya.

Kedatangan Jokowi di Pasar Hewan Bagor, Senin (31/3/2014) jam 07.35 pagi waktu setempat, tanpa direncanakan sebelumnya. Jalan raya Bagor menjadi rute yang dilewati Jokowi dan rombongan dari Batu menuju Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Solo.

Di Malang, sehari sebelumnya, Jokowi menjadi juru kampanye nasional PDI Perjuangan. Sementara kedatangannya ke Ponorogo dan Pacitan untuk membuka acara pelatihan dan penbekalan saksi PDI Perjuangan untuk pemilu legislatif.

Baca:

Cerita Rakyat tentang Jokowi di Pasar Kediri

dan

Jokowi pun Hebohkan Pasar Sukomoro Nganjuk

Ketika melintas di depan pasar hewan yang biasanya buka pada penanggalan Jawa, Pon dan Wage itu mobil ditumpangi Jokowi, diikuti rombongan,  mendadak berhenti. Jokowi pun melenggang ke pasar disusul Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim H Sirmadji Tjondropragolo dan mantan Kapolri Da’i Bachtiar yang mendampingi selama perjalanan.

Seperti di tempat-tempat lain yang didatangi Jokowi, pria yang juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu disambut antusias warga. Ratusan blantik di tempat tersebut tak henti-henti mengelu-elukan nama Jokowi. (her)