Besok, Kader Partai Serentak Peringati HUT ke-45 PDI Perjuangan

SURABAYA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur akan menggelar upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-45 PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2018).

Upacara bendera yang akan dimulai sekitar pukul 08.30 hingga 11.00 WIB itu berlangsung di halaman kantor DPD Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya.

Selain diikuti fungsionaris pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim, upacara diikuti pengurus DPC PDIP Kota Surabaya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim dan DPRD Kota Surabaya.

Upacara juga diikuti fungsionaris Pengurus Anak Cabang PDI Perjuangan se-Kota Surabaya, ranting dan anak ranting dari lima PAC sekitar kantor DPD, serta fungsionaris Badan, Departemen, Komite, Sayap, Sekretariat dan Satgas DPD PDI Jatim.

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan akan menggelar perayaan HUT ke-45 PDIP, pada Rabu (10/1/2018) pukul 14.00 WIB di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menghadiri acara ini.

“Bapak Presiden Jokowi sudah dikonfirmasi hadir dan akan memberikan sambutannya,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Selasa (9/1/2018).

Hasto mengatakan, Presiden Jokowi nantinya akan memberikan sambutan tepat setelah pidato oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Hanya ada satu pidato dari Ibu Megawati dan setelah itu akan ada sambutan dari Pak Jokowi,” jelasnya.

Hasto menambahkan, dalam HUT ke-45 ini, PDI-P mengangkat tema “Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Raya”.

Dia menegaskan bahwa tema itu diambil untuk kembali mengingatkan akan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia ke depan. Diperkirakan ada 3.000 kader Partai yang hadir.

“Karena kami menyadari Indonesia bersatu terbentuk dalam satu kesatuan dalam sumpah pemuda, dan semangat itulah yang kami kedepankan,” ujar dia.

Hasto menuturkan, selain HUT yang berpusat di JCC, pihaknya juga meminta kepada pengurus partai tingkat cabang membuat perayaan serupa bersama-sama masyarakat setempat.

“Pada pagi hari seluruh DPC dan DPD kami instruksikan menyelenggarakan acara HUT di setiap daerahnya masing-masing dan dilakukan di tengah rakyat atau melibatkan seluruh rakyat,” ujarnya. (goek)