Besok, Jokowi-Ma’ruf Awali Kampanye Rapat Umum di Banten

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin membeberkan jadwal kampanye rapat umum untuk periode 24-30 Maret 2019. TKN mengungkapkan, terdapat inovasi dalam kampanye rapat umum untuk mendapatkan atensi dari masyarakat.

“Besok kampanye di Stadion Maulana Yusuf, tepatnya di Ciceri Banten, mulai setengah tiga sore,” kata Ketua TKN Erick Thohir di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Erick menyebut, kampanye rapat umum yang akan diawali di Banten dihadiri Jokowi-Ma’ruf. Namun, kata dia, tidak semua kampanye akan diikuti Jokowi dan Ma’ruf sepanjang periode akhir Maret.

Rencananya, lanjut Erick, Jokowi-Ma’ruf dijadwalkan hanya dua kali melakukan kampanye bersama, yaitu saat pembukaan dan penutupan kampanye rapat umum. Hal itu dikarenakan Ma’ruf yang memiliki kegiatan lain dan berbagi tugas dengan juru kampanye nasional (Jurkamnas) TKN.

Berikut jadwal kampanye terbuka Jokowi-Ma’ruf:

25 Maret 2019: Alun-Alun Banyuwangi, Banyuwangi; Gelanggang Olah Raga (GOR) Jember, Jember; dan kampanye terutup di GOR Ken Arok, Malang.

26 Maret: Banda Aceh dan Riau. Di Riau ada dua titik yang bakal disambangi, salah satunya Pekanbaru dan yang satu lagi ditentukan kemudian.  

27 Maret: Pontianak Convention Center, Pontianak, dan Banjarmasin. 28 Maret: Balikpapan, Kalimantan Timur dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

29-30 Maret: Lokasi masih akan ditentukan karena menjelang debat Pilpres keempat.

Sementara itu, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyampaikan, sejumlah menteri akan menjadi jurkamnas untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf pada kampanye rapat umum.

“Kami juga siapkan nanti dari jurkamnas ulama, pimpinan partai politik, dan para menteri yang mengambil cuti untuk membantu seluruh kampanye rapat umum,” ujar Hasto.

Dia menyebutkan, menteri yang menjadi jurkamnas di antaranya Seskab Pramono Anung, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menaker Muhammad Hanif Dhakiri.

“Menteri-menteri dari partai ini akan mengajukan cuti. Sudah ada perencanaan detail untuk jurkamnas menteri, masing-masing sudah ada berdasarkan segmentasi pemilihnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan tidak semua menteri menjadi jurkamnas. Adapun menteri yang bertugas sebagai jurkamnas juga tidak mengikuti seluruh jadwal kampanye rapat umum Jokowi-Ma’ruf. Mereka khusus untuk kampanye Sabtu dan Minggu. Hasto menyatakan beberapa menteri tersebut berperan menguatkan basis tingkat keterpilihan Jokowi-Ma’ruf seperti di kelompok pemilih petani, anak muda, dan sebagainya. (goek)