Besok Jokowi Kenalkan Menterinya

pdip jatim - jokowi - JK - umumkan 34 menteriJAKARTA – Masing-masing menteri kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bakal mengenalkan dirinya pada Minggu (26/10/2014) sore. Perkenalan anggota kabinet di halaman istana kepresidenan tersebut juga akan dihadiri anggota keluarga para menteri terpilih.

Menurut bekas deputi tim transisi, Andi Widjajanto, Presiden Joko Widodo ingin acara perkenalan anggota kabinet bersifat informal dan dalam suasana rileks. “Pak Jokowi inginnya perkenalan berlangsung akrab. Jadi suasananya informal, sambil minum teh,” kata Andi Wijayanto, Jumat (24/10/2014) malam.

Acara perkenalan, jelas Andi, diagendakan Minggu sore untuk memberikan kesempatan bagi menteri yang tinggal di luar kota untuk datang ke Jakarta. Setelah pengumuman dan perkenalan, proses pelantikan anggota kabinet Jokowi-Kalla digelar Senin, (27/10/2014).

Sebelumnya, Andi juga mengatakan pengumuman kabinet Jokowi dan JK akan digelar sederhana di istana kepresidenan. “Akan di istana saja. Sederhana saja,” ujarnya.

Karena dasarnya, jelas Andi, proses pembentukan kabinet harus disampaikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, pengumuman kabinet akan digelar sederhana di kompleks istana kepresidenan. “Pada dasarnya melakukan komunikasi ke publik bahwa proses penyusunan kabinet sudah selesai,” jelas dia.

Sedangkan Sabtu (25/10/2014) hari ini, Jokowi dijadwalkan menerima pimpinan DPR yang menyerahkan surat pertimbangan DPR terkait nomenklatur kementerian. “Pak Jokowi akan menerima pimpinan DPR untuk menyerahkan pertimbangan DPR atas perubahan kementerian,” ujarnya. (pri/*)