Besok, DPRD Nganjuk Paripurnakan Pengajuan Pimpinan Definitif

NGANJUK – Ketua Sementara DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahyono mengatakan, pembentukan pimpinan fraksi dan pengajuan pimpinan Ketua DPRD definitif bakal digelar pada hari Rabu (11/9/2019).

“Sampai saat ini tidak ada kendala dalam pembentukan pimpinan fraksi, dan pimpinan DPRD,” kata Tatit, didampingi  pimpinan DPRD usai rapat dengan para perwakilan fraksi untuk membuat rencana kerja (renja), terkait persiapan rapat paripurna pembentukan pimpinan DPRD definitif, Senin (9/9/2019).

Nantinya, sebut Tatit, akan ada dua agenda paripurna, dan setelah itu akan disusul dengan pembahasan atau pembentukan alat kelengkapan dewan lainya.

Setelah disahkan ketua definitif, tambah Tatit, yang perlu disusun yaitu tata tertib, kode etik dan membuat alat-alat kelengkapan dewan lainnya mulai dari komisi 1, 2, 3, dan 4, badan  musyawarah (banmus), badan anggaran (banggar), badan pembuatan peraturan daerah (bapemperda), dan badan kehormatan (BK).

“Saya inginkan nanti memang yang proporsional dalam penempatan posisi, struktural alat kelengkapan dewan dan disesuaikan dengan hasil perolehan suara partai,” jelasnya.

Menurut Tatit, karena saat ini jumlah anggota DPRD berjumlah 50 anggota, maka fraksinya berjumlah 7 fraksi. Di antaranya ada lima fraksi utuh yaitu PDIP, PKB, Hanura, Gerindra, dan Golkar.

Sedangkan ada dua lagi menjadi fraksi gabungan dan salah satunya yaitu fraksi Demokrasi Keadilan Indonesia (DKI), gabungan dari Demokrat, PKS dan Perindo. Dan satu lagi fraksi fabungan masih belum ada nama yaitu partai Nasdem dan PPP.

“Sekilas saya mendapatkan nama fraksi seperti itu. Jika nanti sudah diparipurnakan maka tidak akan bisa berubah lagi”, tuntas Tatit.

Dia menambahkan, nama pimpinan DPRD yang nanti akan ditetapkan yaitu, Ketua DPRD Tatit Heru Tjahjono dari fraksi PDIP, Wakil Ketua I Ulum Bastomi dari Fraksi PKB, Wakil Ketua II Raditya Harya Yuangga dari fraksi Hanura, dan Wakil Ketua III Jianto dari Gerindra. (endyk)