Bersama JK, Jokowi Optimis Menangi Pilpres

Jokowi-JK-Bendera MPJAKARTA – Calon presiden Ir H Joko Widodo akhirnya mengumumkan sosok calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam pemilu presiden 2014, yakni Drs HM Jusuf Kalla. Pengumuman cawapres, sekaligus deklarasi pasangan Jokowi – JK sebagai capres-cawapres digelar di Gedung Joang 45, Jakarta, Senin (19/5/2014) siang.

Menurut Jokowi, nama cawapres diputuskan setelah melalui pertemuan dan konsultasi dengan partai pendukung, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura. Juga pertimbangan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarkoputri.

“Tadi malam telah diputuskan, calon wakil presiden yang akan mendampingi saya adalah Bapak Drs Haji Mohammad Jusuf Kalla,” kata Jokowi, dalam acara deklarasi di Gedung Joang.

Jokowi optimistis, pasangan ini akan memenangkan pertarungan Pilpres 2014. “Kita yakin, insya Allah kami berdua akan membawa gerakan perubahan di negara yang kita cintai ini,” tegasnya.

Saat mendapat giliran pidato, Jusuf Kalla juga menyatakan kesiapannya dengan tegas. “Saya berterima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya. Saya siap menjadi pendamping Joko Widodo sebagai wakil presiden. Dengan ikhtiar kerja keras, kita bekerja untuk kemakmuran dan kehebatan bangsa kita,” tandas politisi senior Partai Golkar yang juga mantan wakil presiden itu.

Sementara, empat partai pengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hanura, menandatangani dokumen koalisi dalam Pemilu Presiden 2014. Penandatanganan berlangsung di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, dokumen yang ditandatangani adalah berkas-berkas kelengkapan pendaftaran capres-cawapres ke KPU. “Penandatanganan berkas-berkas KPU dilakukan Pak Surya Paloh, Pak Muhaimin, Pak Wiranto, dan Ibu Megawati,” jelas Tjahjo Kumolo. (pri/*)