Berkonsep Inklusif, TKN Jamin Kampanye Akbar Jokowi-Ma’ruf Tuntas Jelang Maghrib

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto menjamin kampanye akbar “Putih Bersatu” di kawasan Gelora Bung Karno (GJK), Sabtu (13/4/2019), bakal tuntas sebelum malam.

Hal ini karena kampanye tersebut bertepatan dengan debat terakhir Pemilihan Presiden 2019.

“Karena hari itu bertepatan dengan debat terakhir, Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin sudah menyiapkan debat sebaiknya dan kami punya komitmen sukseskan debat itu. Sehingga seluruh kampanye rapat umum akan kami selesaikan sebelum maghrib,” kata Hasto di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Hasto menjamin kerumunan massa pendukung Jokowi-Ma’ruf sudah akan bubar sebelum umat Islam menunaikan Shalat Maghrib. Sampah-sampah juga akan langsung dibersihkan karena TKN Jokowi-Ma’ruf menyiapkan relawan kebersihan di kawasan GBK.

“Dengan demikian kebersihan dan suasana kondusif jelang debat akan kami ciptakan sebaiknya,” ujar Hasto.

Puncak kampanye Jokowi-Ma’ruf ini akan melibatkan lebih dari 500 artis nusantara, mulai dari Abdee Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro, Slank, Yuni Shara, Inul, Iis Dahlia, Ruth Sahanaya, Tompi dan lain-lainnya.

Selain itu, TKN turut menghadirkan tokoh-tokoh agama dan masyarakat untuk tampil menyatukan keberagaman bangsa Indonesia

Hasto juga mengatakan kampanye akbar ini berkonsep inklusif.

Kata dia, kampanye inklusif ini seperti yang diharapkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Harapan SBY tersebut ditulis dalam surat saat mengomentari kampanye akbar Prabowo-Sandiaga.

“Kami ingin tampilkan kampanye yang oleh Pak SBY dimaksudkan itu, kampanye yang inklusif, kampanye yang lazim. Bukan kampanye eksklusif untuk golongan tertentu saja. Tapi kampanye yang mencerminkan Indonesia kita,” jelasnya.

Hasto mengatakan, kampanye ini akan berbentuk konser bertajuk “Putih Bersatu”. Kampanye ini boleh dihadiri seluruh masyarakat tanpa perlu mendaftar, tentunya kecuali anak-anak dan mereka yang tidak memiliki hak memilih.

Menurut Hasto, itu merupakan cerminan bahwa kampanye akbar Jokowi-Ma’ruf untuk masyarakat dari berbagai macam suku, agama, dan status sosial.

“Seluruh representasi dari daerah, suku, agama, status sosial, lapisan masyarakat bisa hadir bergembira riang menyatukan diri dalam kepemimpinan bersama Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” ujar Hasto.

Selain masyarakat umum, kader partai politik pendukung Jokowi-Ma’ruf dan kelompok relawan juga akan hadir. (goek)