Banyuwangi pun Targetkan Jokowi-Ma’ruf Menang 70%

BANYUWANGI – Safari Kebangsaan ke-6 PDI Perjuangan di kawasan Tapal Kuda ditutup dengan konsolidasi pemenangan parpol koalisi dan relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Banyuwangi, Senin (28/1/2019).

Menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, semua parpol koalisi bersepakat menyingkirkan ego masing-masing partai untuk kemudian menjalin bersama menjadi ego nasional yaitu kemenangan Jokowi-Ma’ruf.

Pasangan nomor urut 01, sebut Hasto, menargetkan menang 70 persen di Banyuwangi. Target tersebut dicanangkan parpol koalisi dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang juga kader PDIP.

Anas menyampaikan saat ini elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 53%. Sedangkan masih ada 30% yang belum menentukan pilihan.

“Ya target 70 persen lah,” kata Hasto yang juga Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Hasto menambahkan, Banyuwangi disebut sebagai basis pemilih Jokowi-Ma’ruf. Hal ini masih ditambah dengan kepemimpinan Anas yang berprestasi sehingga sangat mendukung Jokowi sebagai petahana.

Di luar itu, Hasto menyebut sebanyak 31 kepala daerah di Jawa Timur telah memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Anas mengatakan dirinya lebih memilih menyampaikan keberhasilan yang sudah dicapai Presiden Jokowi selama memerintah.

Anas menyebut, di derah yang dipimpinnya sangat terbantu dengan program infrastruktur dan program kesejahteraan sosial lainnya.

Karenanya, di era pemerintahan Jokowi, sinergi antara pemerintah daerah dengan pusat terjalin sinergi yang baik. Menurut Anas, seperti mal pelayanan publik di Banyuwangi, merupakan contoh perintah Presiden Jokowi.  

“Saat rakor dengan bupati beliau berkali-kali bahkan sampai marah-marah jangan rakyat dipimpin untuk mendapatkan izin. Kami membuka satu pintu mall pelayanan publik. Ini bekas mall beneran dan sekarang sudah ada 199 izin di tempat dan ini perintah presiden yang kami realisasikan,” ucapnya.

Sementara itu, Hasto Kristiyanto yang memimpin rombongan Safari Kebangsaan mengawali acara di Banyuwangi dengan jajaran pengurus DPC PDIP setempat sebelum menuju Gedung Korpri, Jalan Ahmad Yani, lokasi acara Temu Relawan dan Kader Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dalam rangka pemenangan Pilpres 2019.

Hasto dan rombongan didampingi Ketua DPC PDIP Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi, kemudian berangkat menggunakan becak. Mereka naik becak bersama-sama kadernya menuju gedung Korpri Banyuwangi.

Jarak yang ditempuh sekitar satu kilometer. Hal ini mengundang perhatian masyarakat dan pengguna jalan. Tak sedikit pula warga melambaikan tangan dari pinggir jalan.

Rombongan tiba di gedung Korpri disambut kader parpol KIK lainnya. Seperti kader PDIP, Golkar, PKB, PPP, Hanura, Nasdem, Perindo, PSI, dan PKPI.

Hadir pula Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bendahara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin TKN Jokowi – Kiai Ma’ruf, Wahyu Sakti Trenggono. Hadir pula tokoh masyarakat Banyuwangi. (goek)