oleh

Bamusi Nyekar ke Makam Penggagas 4 Pilar Kebangsaan

JAKARTA – Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) berziarah ke makam Dr. (HC) HM Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin (8/6/2020). Ziarah kubur itu untuk mengenang 7 tahun wafatnya sesepuh PDI Perjuangan sekaligus mantan Ketua MPR-RI tersebut.

Sekretaris Umum Bamusi Nasyirul Falah Amru mengatakan ziarah kubur atau nyekar ini merupakan bagian dari mengenang perjuangan serta jasa-jasa almarhum Taufiq Kiemas bagi Partai maupun bangsa dan negara.

“Pak Taufiq adalah tokoh yang bisa diterima dengan semua kalangan. Beliau adalah tokoh pemersatu,” sebut Gus Falah, sapaan Nasyirul Falah Amru.

Baca juga: 7 Tahun Wafatnya Taufiq Kiemas, Keluarga Gelar Tahlilan Virtual

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari dapil 10 Jawa Timur ini menyebutkan, spirit persatuan yang diusung oleh Taufiq sangat cocok dengan semangat pada bulan Juni ini, yang merupakan Bulan Bung Karno.

Menurutnya, Bung Karno merupakan Bapak Bangsa yang sangat gandrung pada persatuan nasional. Semangat persatuan nasional itulah, lanjut Gus Falah, yang dikobarkan Taufiq semasa hidupnya, terutama ketika menjadi Ketua MPR-RI.

Gus Falah melanjutkan, publik juga masih sangat mengingat bahwa Taufiq Kiemas-lah yang membumikan gagasan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sejak terpilih secara aklamasi menjadi Ketua MPR pada Oktober 2009, Taufiq langsung menyusun program Sosialisasi UUD 1945 dan Pancasila.

“Dari situlah muncul gagasan Empat Pilar berbangsa dan bernegara dari Pak Taufiq, yang bertujuan menjaga NKRI dengan mengamalkan Pancasila agar kita tetap bersatu dan tidak terpecah belah,” jelas Gus Falah.

Selain para pengurus Bamusi, ziarah ke makam Taufiq Kiemas juga diikuti kader-kader PDI Perjuangan di struktural, eksekutif dan legislatif. (goek)

rekening gotong royong