Bamusi Kota Malang Nyekar Bareng ke Makam Bung Karno

pdip jatim - bamusi nyekar bareng makam BKMALANG – Pengurus Cabang (PC) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kota Malang berziarah ke makam presiden pertama RI Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu (31/1/2015). Nyekar ke makam proklamator kemerdekaan itu tidak hanya diikuti anggota Bamusi, namun juga kader PDI Perjuangan Kota Malang, dan elemen nasionalis.

“Nyekar bareng ini akan diikuti pengurus sampai tingkat kecamatan secara bergiliran,” kata Didik Supriyanto, penggagas nyekar bareng yang juga Ketua PC Bamusi Kota Malang, Minggu (1/2/2015).

Menurut Didik, pengagum Bung Karno biasanya berziarah saat haul Bung Karno di bulan Juni. Namun, kata Didik, banyak juga pengagumnya dan masyarakat lainnya berziarah di luar acara peringatan wafatnya.

“Kami ingin mengenang jasa beliau yang demikian luar biasa untuk bangsa ini sekaligus mendoakannya agar mendapatkan tempat yang layak sesuai jasa dan amal ibadahnya. Apa lagi jarak dari Malang ke Blitar cukup dekat,” ujar Didik.

Bung Karno, lanjut Didik, tidak hanya melahirkan spirit kebebasan dan kemerdekaan, tapi secara konkret juga membantu, mendorong kemerdekaan sejumlah negara di Asia-Afrika yang saat itu masih dipasung kolonialis.

“Bung Karno secara historis telah membuktikan kualitas dan kapasitas dirinya sebagai inspirator, motivator, sekaligus motor kemerdekaan, tidak hanya bagi negerinya sendiri melainkan juga bagi bangsa di dunia,” urai kader PDI Perjuangan tersebut.

“Dengan nyekar bareng Bamusi ini, kami harapkan bisa mengingatkan kita akan ide, gagasan perjuangan dan cita-cita Bung Karno beserta founding father lainnya,” imbuh Didik. (pri)