Bamusi Jatim Dukung DPP Soal Pembaruan Pengurus DPC, Ini Dasarnya

SURABAYA – Tak hanya Taruna Merah Putih (TMP) yang siap mengamankan surat keputusan DPP PDI Perjuangan terkait penugasan kepada nama-nama ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) di seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP se-Jawa Timur.

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jatim sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan pun mendukung pembaruan kepengurusan sebagai bagian dari konsolidasi organisasi menjelang pelaksanaan Kongres V PDIP Agustus depan.

Sekretaris Bamusi Jatim Kuswari ST mengatakan, dukungan Bamusi bukan tanpa sebab. “Itu sesuai Peraturan PDI Perjuangan No 28 Tahun 2019 yang dikeluarkan DPP Partai,” kata Kuswari, Kamis (11/7/2019).

Baca juga: TMP Jatim Siap Kawal Keputusan Megawati Soal Kepengurusan DPC PDIP

Dia pun mengutip aturan tersebut, yakni kepengurusan di tingkat kecamatan (PAC), kabupaten/kota (DPC), tingkat provinsi (DPD) serta tingkat pusat (DPP) diberikan kewenangan untuk mengusulkan para calon ketua level kabupaten/kota dan provinsi.

“Tapi, kewenangan pengambilan keputusan sepenuhnya otoritas DPP Partai,” tegasnya.

Karena itu, dia menyayangkan terjadinya gejolak di beberapa cabang saat berlangsungnya konferensi cabang (konfercab) serentak pada Minggu (7/7/2019) lalu.

Menurutnya, hal itu seharusnya tidak perlu terjadi jika Peraturan Partai No 28 tahun 2019 benar-benar sudah tersosialisasi dengan baik di kalangan PAC.

Forum konfercab, tambah dia, hanya membacakan keputusan DPP tentang nama-nama KSB DPC seluruh kabupaten/kota di Jatim,. Kemudian forum, melalui tim formatur, menyusun kepengurusan baru untuk melengkapi KSB tersebut.

Kuswari yakin, penunjukan nama-nama KSB yang diputuskan DPP melalui surat bertanda tangan basah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto itu sudah melalui pertimbangan sangat matang.

“Tentunya juga melalui pertimbangan untuk kebesaran Partai di masa mendatang, baik di tingkat lokal maupun nasional,” ujar Kuswari.

Karena itu, dia mengajak kader PDIP untuk berpikir lebih jernih dalam menyikapi pembaruan organisasi jelang Kongres V. “Mari mengutamakan Partai ke depan, bukan kepentingan individu-individu semata,” ajaknya.

Terkait kepemimpinan di tingkat pusat, imbuh Kuswari, Bamusi Jatim juga mendukung dan mengamankan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan masa bakti 2019-2024.

Sebelumnya, Taruna Merah Putih (TMP) Jatim juga menyampaikan sikap mendukung serta siap mengamankan surat keputusan terkait pemilihan KSB di seluruh DPC PDI Perjuangan se-Jawa Timur. (goek)