Bakal Kuasai 60,2 % Kursi DPR, KIK Siap Kawal Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) memperkirakan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan mendapatkan sekitar 346 kursi di DPR RI.

Sekretaria TKN Hasto Kristiyanto menuturkan, sekitar 346 kursi di parlemen akan mengawal jalannya pemerintah ke depan. Angka itu didapat lewat hasil quick count atau perhitungan cepat dari lembaga survei.

“Sementara dari quick count paling tidak koalisi Pak Jokowi-Kiai Haji Ma’ruf Amin akan didukung 346 kursi di parlemen atau 60,2 persen,” ujar Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Hasil positif dari kursi parlemen ini, ucap Hasto, dinilai akan mampu menjaga stabilitas dan efektivitas pemerintahan ke depan. Sehingga, Jokowi-Ma’ruf bisa menuntaskan seluruh janji kampanyenya.

“Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma’ruf Amin akan membentuk pemerintahan yang efektif, yang solid dari perkiraan ini,” tutur Hasto.

Dia mengapresiasi kinerja seluruh partai politik yang tergabung dalam KIK Jokowi-Ma’ruf. Seluruh parpol, ucap Hasto, memberikan sumbangsih agar proses rekapitulasi bisa dikawal dengan baik.

“Dan alhamdulillah banyak juga relawan yang berpartisipasi. Kita lihat 2014 lalu ada terobosan kawal Pemilu, maka kami juga membuka ruang bagi publik untuk berpartisipasi dalam mengawasi seluruh rekapitulasi itu,” ucapnya. (goek)