Bakal Calon Kada dan Wakada Mulai Fit and Proper Test di DPD PDIP Jatim

SURABAYA – Sebanyak 129 bakal calon kepala daerah (bacakada) dan bakal calon wakil kepala daerah (bacawakada) yang akan ikut kontestasi Pilkada di 19 kabupaten/kota se-Jawa Timur mulai menjalani fit and proper test di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Rabu (18/9/2019).

Saking banyaknya peminat yang mencalonkan diri melalui PDI Perjuangan, pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan ini digelar dua hari hingga Kamis (19/9/2019).

“Hari pertama ini fit and proper test diikuti 61 bakal calon, baik cakada maupun cawakada. Total seluruhnya yang akan mengikuti fit and proper test di DPD PDI Perjuangan Jawa Timur sebanyak 129 bakal calon,” jelas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, didampingi Wakabid Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono, Rabu (18/9/2019).

“Pengujinya dari pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim. Materinya terkait pilkada, proses pemenangan, kesiapan calon dan lain-lain,” tambah Deni.

Berkas-berkas dan formulir pendaftaran Bacawali dan Bacawawali dari 19 DPC PDIP, sebut Deni, sebagian besar sudah diserahkan ke DPD PDIP Jatim.

Untuk hari pertama ada kandidat dari delapan kabupaten/kota yang dijadwalkan mengikuti fit and proper test.

Di antaranya, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, dan Kota Blitar. (goek)