Baguna Jatim Serahkan Bantuan Baju Hazmat ke RS Royal Surabaya

SURABAYA – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jawa Timur menyerahkan bantuan 100 baju hazmat ke Rumah Sakit (RS) Royal Surabaya, Rabu (21/5/2020). RS di kawasan SIER ini merupakan tempat perawat Ari Puspita Sari meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona.

Kepala Baguna PDIP Jatim SW Nugroho mengatakan, gotong royong membantu baju hazmat ini diharapkan bisa menunjang kelancaran tugas para tenaga kesehatan yang selama ini telah berjibaku melawan Covid-19.

“Kami juga sangat berduka dengan kepergian Ibu Ari, yang berpulang bersama janin yang beliau kandung. Tempat beliau bekerja, yaitu RS Royal, hanya hitungan meter dari kantor DPD PDI Perjuangan Jatim,” ucap Nugroho saat menyerahkan bantuan baju hazmat.

Baca juga: Bentengi Tenaga Medis, Risma Terus Gerojok APD ke Puskesmas dan RS

Dia mengatakan, kepergian tenaga kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Pengorbanan para perawat, sebutnya, menunjukkan mereka telah bekerja secara total, penuh dedikasi, dan tak kenal lelah dalam melayani masyarakat.

Oleh karena itu, tambah Nugroho, semua elemen masyarakat harus menghargai jasa mereka dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengonsumsi gizi seimbang, dan menghindari kerumunan orang.

“Kita semua berutang budi kepada para tenaga kesehatan. Mari terus taati protokol kesehatan dan selalu mendoakan para tenaga kesehatan agar di dalam menjalankan tugas senantiasa diberi kelancaran dan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini.

Baguna Jatim sendiri, lanjut Nugroho, telah menyalurkan 500.000 masker kain non-medis, 1.000 wastafel portabel, dan ribuan paket sembako kepada warga terdampak. Bantuan tersebut didistribusikan ke seluruh Jawa Timur.

Jumlah bantuan tersebut, imbuh politisi yang juga Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jatim ini, belum termasuk bantuan yang digerakkan seluruh struktur partai di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

“Sudah sebulan lebih mereka terus blusukan membagi sembako, masker, wastafel portable, makanan harian, APD, dan berbagai bentuk bantuan lainnya ke masyarakat,” pungkasnya. (goek)