Baguna dan DPC PDIP Ponorogo Berbagi Masker dan Telur Asin bagi Pelintas Batas

PONOROGO – Kader dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ponorogo menghadang penyebaran virus Corona (Covid-19) di perlintasan batas kota, Senin (20/4/2020).

Bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP setempat, mereka membagikan seribu paket yang berisi masker dan telur asin kepada pelintas batas Kabupaten Pacitan-Ponorogo. Aksi yang sama juga dilakukan di Pasar Slahung.

Pembagian masker dan telur asin yang melibatkan sejumlah kader, pengurus dan wakil rakyat dari PDI Perjuangan itu juga dibarengi dengan imbauan dan edukasi kepada setiap warga, agar selalu menjaga kesehatan dengan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun.

“Sebagai partai politik, PDI Perjuangan turut memberikan kepedulian terhadap masyarakat yang saat ini sangat memerlukan alat pelindung diri (APD) berupa masker untuk mencegah penularan Covid-19,” jelas Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo Bambang Juwono.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama antara anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Ponorogo ini, sebutnya, merupakan perintah dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Instruksi Megawati, jelas Bambang, agar semua kader PDIP mulai dari pusat sampai tingkat desa bersama-sama bergerak untuk membantu masyarakat yang terdampak Corona.

“Untuk pelaksanaan sepenuhnya diserahkan kepada DPC dan Baguna. Kegiatan ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan hingga batas waktu yang belum kita tentukan,” terang Logos, sapaan akrabnya.

Menurutnya, sebagai tahap awal akan dilakukan tiga hari berturut-turut di kecamatan yang wilayahnya terdapat warga positif Covid-19. Selanjutnya akan dilakukan ke seluruh wilayah kecamatan di Ponorogo.

“Sebagai awal kita lakukan di tiga titik, hari ini di wilayah Kecamatan Slahung, berikutnya di Kecamatan Balong dan hari ketiga di Kecamatan Kota. Ketiga kecamatan tersebut terdapat warga yang positif terjangkit virus Corona,” jelas Logos.

“Kami juga berpesan kepada warga dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini harus lebih waspada, jangan meremehkan namun juga jangan takut berlebihan. Yang penting kita ikuti dan patuhi semua arahan dari pemerintah dan tenaga medis,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Baguna PDIP Ponorogo, Pramu Wibawa mengatakan, selama tiga hari berturut-turut ini, di tiap kecamatan dibagikan seribu paket bantuan berupa masker dan telur asin.

Menurutnya, telur asin bisa menambah stamina dan imun bagi warga yang sedang berada di perjalanan. “Selain pembagian bantuan masker dan telur asin, kami juga membantu petugas di pos pantau perbatasan untuk melakukan screening suhu bagi pelintas yang masuk wilayah Ponorogo,” terang Pramu.

Sedang Sekretaris DPC PDIP Ponorogo Johan Bachtiar Rifa’i mengatakan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan masker. Karena itu, pihaknya membagikan masker dalam aksi kemanusiaan ini.

“Kami juga membantu pemerintah dengan memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, melakukan social distancing dan tidak panik dalam menghadapi wabah virus Corona,” tuturnya. (goek)