Baguna dan Bamusi PDIP Jatim Sebar Ribuan Bungkus Daging Kurban

SURABAYA – DPD PDI Perjuangan Jawa Timur mendistribusikan sedikitnya 1.800 bungkus daging kurban kepada warga setempat maupun kalangan internal, seperti struktural Partai di wilayah Surabaya, satgas, anggota badan, departemen, dan sayap Partai pada Minggu (2/8/2020).

Mengingat perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini berada di tengah pandemi Covid-19, proses pendistribusiannya dilakukan dari rumah ke rumah guna menghindari kerumunan massa.

Baca juga: Cegah Kerumunan, PDIP Jatim Serahkan Penyembelihan Hewan Kurban ke RPH

Petugas yang mendistribusikan sendiri terdiri dari fungsionaris Partai, relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), serta Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi).  

Semua dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, alat pelindung wajah, sarung tangan, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak fisik.

Daging kurban dari 10 ekor sapi hasil gotong royong kader-kader Partai yang duduk di legislatif dan struktural, baik di tingkat provinsi maupun pusat ini juga tidak lagi disembelih di halaman kantor DPD di Jalan Kendangsari Industri Surabaya seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Surabaya.

“Idul Adha kali ini, penyembelihan hewan kurban yang terkumpul kita pasrahkan ke Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Kota Surabaya. Ini untuk mencegah kerumunan massa karena masih dalam pandemi Covid-19,” jelas Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, SW Nugroho.

Politisi yang juga Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jatim ini menyebut, penyembelihan hewan kurban di RPH juga lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya, karena seluruh organ hewan kurban diperiksa terlebih dahulu kelayakannya sebelum akhirnya didistribusikan.

Sedang Sekretaris Bamusi Jatim, Kuswari menambahkan, pelaksanaan kurban ini sebagai sarana untuk meningkatkan rasa kemanusiaan serta mengasah kepekaan dan menghidupkan hati nurani kader.

Diharapkan, melalui perayaan Idul Adha akan semakin terpupuk rasa perhatian, kepedulian, solidaritas, dan persaudaraan kepada sesama.

“Harapannya dari kegiatan ini adalah selalu mengilhami perjuangan dan pengorbanan Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim sehingga bisa memicu semangat perjuangan kawan-kawan PDI Perjuangan, khususnya di Jawa Timur,” ucap Kuswari. (goek)