Bacawali-cawawali Surabaya dari PDI Perjuangan Diumumkan Rabu

pdip jatim - Pilkada 2015SURABAYA – DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menjadwalkan rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) terkait penyerahan rekomendasi dan sosialisasi bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah, pada Rabu (8/7/2015) depan. Rakercabsus yang akan digelar di Gedung Wanita Jalan Kalibokor itu mengundang seluruh jajaran pengurus dan anggota legislatif PDI Perjuangan se-Kota Surabaya.

Ketua Panitia Rakercabsus Adi Sutarwijono mengatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan diundang di acara itu. Menurut Awi, sapaan Adi Sutarwijono, Risma merupakan petugas PDI Perjuangan yang mendapatkan penugasan sebagai Wali Kota Surabaya sampai masa jabatan berakhir 28 September 2015.

“Begitu juga Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Keduanya akan diundang dalam rakercabsus nanti,” kata Adi Sutarwijono, kemarin.

Pascarekomendasi turun, lanjut dia, bakal calon wali kota/wakil wali kota (cawali-cawawali) yang ditetapkan PDI Perjuangan harus mengurus syarat-syarat yang ditetapkan UU dan Peraturan KPU. “Pasca-Lebaran, kami akan mendaftarkan ke KPU dengan persyaratan yang lengkap dan benar,” ujar politisi yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini.

Untuk itu, tambah Awi, pihaknya berharap cawali-cawawali yang diusung PDI Perjuangan harus bergerak cepat untuk pemenuhan syarat-syarat itu. Termasuk, cawali-cawawali yang berstatus PNS, harus memastikan telah mengajukan pengunduran diri atau pensiun diri.

“Harus juga sehat jasmani-rohani, tidak sedang dicabut hak pilihnya oleh pengadilan, SKCK dari kepolisian, serta telah melalorkan harta kekayaan pribadi yang dibuktikan dengan tanda terima pelaporan yang dikekuarkan KPK,” paparnya.

Mengenai Tim Pemenangan Cawali-Cawawali Surabaya, ungkapnya, sampai saat ini belum ada pembicaraan kapan akan bentuk. “Sebelum daftar ke KPU, tim pemenangan itu pasti telah dibentuk karena secara legal kan harus didaftarkan ke KPU,” jelas Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya itu.

Soal siapa pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya yang akan diusung PDI Perjuangan, Awi mengaku tidak mengetahuinya. “Saya tidak tahu, karena rekomendasi itu dalam amplop tertutup dan tersegel. Nanti pada saat rakercabsus akan dibacakan langsung Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto,” ucapnya. (goek/*)