Azwar Anas Sisir Pantura Jatim

SURABAYA – Di akhir pekan kemarin, Bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur Abdullah Azwar Anas kembali melanjutkan safari politik dalam menghadapi Pilkada 2018.

Kali ini, pendamping Bakal Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu menyisir kawasan pantai utara (pantura) Jatim, seperti Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban.

Di tiap-tiap daerah tersebut, Anas menggelar pertemuan tertutup dengan jajaran pengurus dan kader partai pengusung, yakni PDI Perjuangan dan PKB.

Dia bersyukur, di daerah-daerah yang dikunjungi, jajaran kader dan pengurus partai pengusung kesolidannya luar biasa. Dan yang terpenting, kata Anas, semua menjalani proses politik dengan kegembiraan.

“Itu paling penting, berpolitik dalam kegembiraan,” ujar pria yang masih menjabat Bupati Banyuwangi tersebut.

Selama pertemuan, ungkap Anas, pihaknya membicarakan strategi-strategi yang fun, kreatif, inspiratif, yang mampu menggerakkan orang untuk menghasilkan manfaat bagi sekitarnya.

“Dengan menjalani secara gembira, kita tidak akan terjebak pada permusuhan dan menjelekkan orang lain. Tapi kita akan menjalankan festival kolaborasi program yang saling memberi masukan untuk pengembangan daerah,” urai dia.

Anas mengatakan, konsolidasi politik saat ini terus berjalan untuk memastikan semua mesin pemenangan bekerja dengan baik. Kolaborasi gerak dilakukan mulai jaringan partai, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen relawan lainnya.

“Gerak tim kita juga makin seirama. Makin kompak dan saling mengisi. Ada yang masuk ke ceruk pemilih perempuan dengan menggerakkan tokoh-tokoh perempuan dan keluarga di desa-desa, lalu ada yang ke pemilih pemula, dan sebagainya,” ujarnya.

Dia menambahkan, komunikasi juga dilakukan pada beberapa partai lain. “Ya kami terus berkomunikasi dengan partai lain. Insya Allah akan ada lagi yang bergabung karena kita semua sebenarnya satu visi untuk mengembangkan daerah,” ungkap Anas.

Bupati berusia 44 tahun tersebut mengatakan sejak dideklarasikan sebagai calon wakil gubernur pada 15 Oktober lalu, dia telah mengunjungi 30 kabupaten/kota se-Jatim untuk melakukan konsolidasi politik. (goek)