Atribut Milenial PDIP Diluncurkan, Ini Inti Pesannya

JAKARTA – Peragaan busana (fashion show) dan atribut PDI Perjuangan yang lagi nge-hits di mata anak muda yang dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan ratusan kader muda partai, Kamis, cukup menarik perhatian.

Bukan saja karena desain busana yang lain dari biasa, tapi juga karena model catwalk diisi oleh caleg-caleg artis partai nasionalis ini.

Sebut saja Kirana Larasati, yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Dapil Jabar I. Menurutnya, acara ini bertujuan untuk memamerkan busana dan atribut PDI Perjuangan yang sesuai dengan selera anak milenial.

“Jadi agar mereka sehari-sehari mau memakainya,” ujar Kirana usai lenggak-lenggok di atas catwalk. Peragaan busana itu berlangsung di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jl Diponegoro 58, Jakarta.

Dia menyebutkan, dengan bertambahnya segmen pemilih milenial, pihaknya ingin mengajak anak-anak yang lahir era 1980-an dan setelahnya untuk lebih dekat dengan partai politik.

“Kita ingin menambah ketertarikan mereka untuk lebih dekat lagi, untuk lebih ngerti lagi, untuk lebih menyenangi lagi parpol, khususnya PDI Perjuangan,” ujar Kirana.

Krisdayanti, caleg DPR PDI Perjuangan yang juga menjadi model catwalk, mengamini betul apa yang disampaikan Megawati, bahwa rasa cinta akan budaya nasional harus ditanamkan kepada anak-anak milenial Indonesia.

Baca juga: PDIP Luncurkan Atribut Milenial, Caleg Artis Jadi Model

“Jangan sampai kita kehilangan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Kita boleh belajar tinggi, kita boleh mengepakkan sayap sampai ke mancangeara, tapi tidak boleh menghilangkan akar budaya sendiri,” kata Krisdayanti mengulangi ucapan Megawati.

Caleg DPR untuk Dapil Malang Raya itu mengaku senang karena Megawati mengajaknya dan para artis nusantara lainnya untuk bergabung ke PDI Perjuangan.

“Ibu Megawati benar-benar ingin menghadirkan artis-artis nusantara ini untuk menjadi moncong ke masyarakat, bahwa kita harus menjadikan budaya Indonesia tuan rumah di negara kita sendiri,” ujar Krisdayanti.

Soal atribut Partai yang diperagakan, mulai dari kaos, jaket, topi, syal sampai kaca mata, sang desainer, Bunga AR Anggoro mengatakan, inti desainnya simpel saja sesuai apa yang sedang digemari di dunia muda saat ini. “Yang penting bisa menyampaikan pesannya,” kata Bunga Anggoro.

Dia mengungkapkan, pesan yang ingin disampaikan dari fashion show ini adalah bahwa PDI Perjuangan merupakan partai politik yang menjadi wadah bagi anak-anak milenial untuk menyalurkan aspirasi politiknya.

Sebab, PDI Perjuangan mampu memahami aspirasi kerakyatan dari usia muda hingga yang dewasa. “Itulah inti pesannya, bahwa PDI Perjuangan bisa merangkul kalangan milenial, yang dimulai dari fashion dulu,” tutur Bunga. (goek)