Atasi Pupuk Langka, Dhito Siapkan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

KEDIRI – Calon tunggal Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono menawarkan program desa inovasi teknologi organik. Program itu disebutnya bagian dari salah satu upaya untuk mengatasi kelangkaan pupuk.

Di dalam program tersebut, menurut Hanindhito, petani akan mendapat edukasi sosialisasi dan pelatihan pertanian pupuk organik cair. Karena, terang Dhito, sapaan akrabnya, ini terkait untuk menekan kelangkaan pupuk di kios-kios.

“Menekan persoalan itu salah satu opsinya adalah penggunaan pupuk organik. Dulu pada awal-awal saya datang kesini, memang masih ada resistensi. Karena belum terlihat simpul-simpul mana yang sudah menggunakan pupuk organik mau pun semi organik,” terang Dhito, Sabtu (24/10/2020).

Cabup berusia 28 tahun ini menyebut jika antusiasme masyarakat untuk mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik sangat tinggi.

Dia mencontohkan para petani organik yang  tinggal di wilayah Kecamatan Semen. Meski pun disana belum ada pelatihan, tapi mereka memiliki keinginan.

“Makanya saya minta di Kecamatan Semen ada. Ternyata yang menyurati ke tim saya khususnya tim desa inovasi teknologi organik ini, sudah ada 6 kecamatan yang minta masuk program ini,” ungkap putra dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung ini.

Dhito mengaku tidak mau tergesa-gesa, untuk memaksakan program tersebut. Cabup yang berpasangan dengan Cawabup Dewi Mariya Ulfa di Pilkada Kabupaten Kediri 2020 ini lebih melihat terlebih dahulu hasil produksi panen para petani .

Jika memang sudah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan pada saat pembuatan pupuk organik, ujarnya, maka program ini dipastikan terus berlanjut.

Soal fasilitas peralatan pembuatan pupuk, jika nantinya terpilih dan diberi amanah oleh masyarakat Kabupaten Kediri sebagai bupati, dia akan berbicara dengan Dinas Pertanian tentang  bagaimana proses pengadaan  untuk alat pembuatan pupuk.

“Perlahan-lahan kita lihat dulu produksi panennya. Kalau produksi panen sesuai dengan yang dikeluarkan pada saat pembuatan pupuk organik, maka program ini akan saya terus galakkan,” pungkasnya. (putera)