Arteria: Kandidat Menteri Sudah di Kantong Jokowi

JAKARTA – Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan menyebut partainya tak mempersoalkan jumlah menteri yang akan dipilih dalam kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Pemilihan menteri merupakan hak prerogatif presiden.

“PDIP belum membahas tentang itu, dan kemudian kami pasrahkan pada Pak Jokowi, karena yang nyaman bagi Pak Jokowi akan memudahkan kerjaan beliau agar lebih efektif,” kata Arteria di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Anggota DPR RI dari dapil 6 Jawa Timur ini menyebutkan, sejumlah nama calon menteri sudah masuk kantong Jokowi. Namun, dia enggan membeberkan nama-nama tersebut.

Terlebih, menurut Arteria, Jokowi menghormati pimpinan partai politik yang berada dalam koalisi, sehingga Jokowi akan mempertimbangkan nama-nama tersebut. Semua partai dalam koalisi diyakini bakal menyetujui semua keputusan Jokowi.

“Mitra koalisi setuju apapun yang diputuskan Pak Jokowi, terkait postur (susunan kabinet) ataupun personal yang dipilih beliau,” ujarnya.

Dia juga belum mau menjabarkan nama-nama calon menteri dari PDIP. Ia menilai siapapun yang dipilih sebagai menteri merupakan kader terbaik PDIP.

“PDIP dengan segala kesejarahannya sudah terbukti, parpol kan memproduksi kader atau tokoh yang hendak jadi pemimpin di legislatif, eksekutif dan tempat manapun,” jelas Arteria.

Di sisi lain, Arteria mengatakan posisi menteri juga harus bisa diandalkan Jokowi. Sebab, menurutnya, untuk menjalankan pemerintahan yang baik dan efektif, Jokowi membutuhkan sosok seperti itu.

“Makanya Pak Jokowi kan selalu mengatakan butuh menteri-menteri yang bisa mengekseskusi kemauan beliau, bisa mengeksekusi bagaimana program-program beliau tak hanya hadir, tapi dirasakan betul-betul oleh rakyat,” ujarnya.(goek)