Armuji Terpilih Jadi Ketua Umum Adeksi

pdip jatim - armuji ketua dprdSURABAYA – Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji dipercaya memimpin Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) periode 2015-2020. Dalam pemilihan pengurus Adeksi diikuti perwakilan 53 DPRD Kota se-Indonesia di Jakarta, Rabu (25/2/2015) , Armuji secara aklamasi ditunjuk sebagai ketua umum.

Menurut Armuji, pemilihan Ketua Umum Adeksi berlangsung seru. Awalnya, ungkapnya, ada 16 nama kandidat, dan kemudian mengerucut jadi tiga nama. “Alhamdulillah, akhirnya semua sepakat memilih saya menjadi Ketua Umum Adeksi,” kata Armuji, Kamis (26/2/2015).

Untuk memimpin Adeksi periode lima tahun ke depan, Armuji didampingi Sekjen Ahmad Gunawan (Ketua DPRD Kota Cimahi) dan Bendahara Umum Bilqis (Ketua DPRD Pekalongan). Sedang kepengurusan harian diisi nama-nama yang sebelumnya masuk 16 besar kandidat ketua umum.

Agenda pertama kepengurusannya, lanjut Armuji, pihaknya akan melakukan audiensi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait sejumlah peraturan pemerintah. Di antaranya tentang sinergisitas antara DPRD dengan DPR RI yang selama ini putus atau belum pernah ada.

Pihaknya juga akan mempertegas status DPRD yang selama ini sebagai pejabat negara, namun masih dianggap setingkat satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Padahal, katanya, DPRD Kota sederajat dengan wali kota.

Adeksi, tambah poitisi PDI Perjuangan itu, juga akan minta peninjauan terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota yang tidak boleh dinilai dewan. Menurutnya, hal itu sama saja melemahkan kontrol dewan.

Aturan lama terkait LKPj, imbuhnya, dewan bisa memberi penilaian menerima atau menolak LKPj Wali Kota. Sebab jika tanpa kontrol dewan, ujarnya, sama saja pemkot bekerja sendiri. (pri/*)