Armuji: Rotasi untuk Me-refresh Kinerja Anggota Dewan

SURABAYA – Untuk lebih meningkatkan kinerja legislatif, DPRD Kota Surabaya melakukan rotasi sejumlah anggotanya. Reposisi anggota dewan ini ditetapkan dalam sidang paripurna, Selasa (16/1/2018) lalu.

Ketua DPRD Kota Surabaya Ir Armuji mengatakan, rotasi antar-anggota dewan ini dilakukan secara rutin untuk me-refresh kinerja mereka dalam mengemban tugasnya di tiap-tiap komisi.

Dengan rotasi ini, diharapkan masing-masing legislator dapat memiliki pengalaman dan pengetahuan baru untuk menambah wawasan di setiap bidang segala persoalan yang terjadi di Kota Pahlawan.

Armuji minta kepada sejumlah anggota dewan yang dirotasi untuk segera beradaptasi dan bekerja sesuai tugas komisinya.

“Ini hanya rutinitas saja dan biasa, karena bertujuan untuk penyegaran, dan kepada anggota yang menempati posisi yang baru agar segera menyesuaikan, karena hal ini sekaligus bisa menambah wawasan dan ilmunya sebagai anggota dewan,” jelas Armuji, kemarin.

Sejumlah nama yang dirotasi, yakni Tri Didik Adiono anggota Fraksi PDI Perjuangan yang semula menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B, dirotasi menjadi anggota Komisi A.

Anugrah Ariyadi anggota Fraksi PDI Perjuangan yang semula menjadi anggota Komisi D, dipindah ke Komisi B dan mendapat jabatan Wakil Ketua Komisi B menggantikan Tri Didik Adiono.

Terkait reposisi ini, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya Sukadar mengatakan, alasan rotasi pada anggotanya adalah untuk meningkatkan kinerja di Komisi B.

“Ya itu keputusan untuk meningkatkan kinerja di Komisi B, karena itu Anugrah yang tadinya duduk di Komisi D kita pindahkan ke Komisi B,” kata Sukadar.

Dalam reposisi kali ini, anggota Komisi C Sudirjo dari fraksi PAN, dipindah menjadi anggota Komisi D. Sedangkan Saiful Aidi anggota komisi B yang juga dari Fraksi PAN dipindahtugaskan ke Komisi C menggantikan posisi Sudirjo.

Sementara itu, Anugrah mengatakan jika reposisi anggota di Fraksi PDIP merupakan hal yang biasa, karena merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja di masing-masing komisi. “Untuk meningkatkan kinerja di Komisi B,” ujarnya.

Pria yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini mengatakan dirinya siap menjalankan tugas sesuai jabatan baru yang telah disandangnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa hal yang akan dilakukan pada saat menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Bidang Perekonomian DPRD Surabaya. Salah satunya adalah bagaimana pendapatan asli daerah (PAD) Kota Surabaya bisa meningkat. (goek)