Almisbat Siap Menangkan Jokowi untuk Lanjutkan Kebijakan Pro-Wong Cilik

KEDIRI – Organ Relawan Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) melantik pengurus DPD Almisbat Jawa Timur sekaligus Deklarasi Pemenangan Capres 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (23/2/2019) itu diikuti sekitar 300 anggota Almisbat dan perwakilan pengurus Almisbat dari 13 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Almisbat Henry Sirait dan Sekjen Almisbat Prijadi Kartodiharjo serta dua anggota Dewan Penasehat Almisbat yaitu Syaiful Bahri dan Eva Sundari yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

“Almisbat adalah relawan Jokowi sejak 2014 dan melakukan pendampingan rakyat agar program-program Jokowi pro rakyat terutama Perhutanan Sosial dapat terlaksana dengan baik,” jelas Henry Sirait pada sambutan pembukaan.

Pada kesempatan itu, Sekjen Almisbat membacakan susunan lengkap pengurus DPD Jawa Timur yang diketuai Suwito Pay yang juga aktivis pro demokrasi dan mantan tapol di jaman Orba.

Eva Sundari menambahkan bahwa di masa pemerintahan Jokowi yang demokratis, penting bagi rakyat untuk mengorganisir diri agar bisa berpartisipasi demi memanfaatkan akses terhadap program-program yang memang didesain untuk mereka.

“Kesejahteraan yang menjadi hak wong cilik tidak datang sendiri. Kita harus memperjuangkannya termasuk berhimpun di organisasi sipil seperti Almisbat ini,” jelas Eva Sundari, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/2/2019).

Setelah deklarasi, diadakan diskusi terkait pelaksanaan program Pembaharuan Agraria dalam pemerintahan Jokowi mulai percepatan pengurusan sertifikasi tanah, kehutanan sosial maupun One Map Policy.

Syaiful Bahri yang juga aktif di Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) menegaskan, Jokowi harus dimenangkan agar kebijakan pro pemerataan dan pro wong cilik bisa dilanjutkan. “Kita bersama-sama mewujudkan keadilan sosial, gotong royong antara pemerintah dan rakyatnya,” tandas Syaiful. (guh)