Akan Ada Kejutan Soal Cawapres Jokowi

ilustrasi cawapres buat JokowiJAKARTA – PDI Perjuangan (PDI-P) akan memberi ‘kejutan’ soal siapa bakal calon wakil presiden yang mendampingi Joko Widodo alias Jokowi di pemilu presiden 2014. “Kita akan tunggu waktu yang terbaik karena ini kan momentum. Harus ada surprise (kejutan),” kata Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sabtu (12/4/2014).

Saat ini, jelas Hasto, PDI Perjuangan tengah menjajaki koalisi dengan partai lain. Jokowi ditemani Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar untuk membahas koalisi.

Menurut Hasto, Jokowi juga berencana bertemu mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz. “Yang urus koalisi Pak Jokowi dan Pak Tjahjo,” terang dia.

Sebelumnya, kepada wartawan, Jokowi mengaku punya lima kandidat bakal calon wakil presiden. “Kriteria sudah rampung, tapi enggak bisa saya sebutkan nama. Sudah mengerucut menjadi lima orang,” ungkap Jokowi, Jumat (11/4/2014) malam.

Dia memastikan pula kelima nama kandidat bakal cawapres yang akan diusung PDI Perjuangan tersebut bakal diumumkan pekan depan. “Ada (nama) yang sudah sering beredar, ada yang belum. Ada yang partai, ada yang bukan, ada yang usianya di atas (saya), ada yang di bawah (usia saya). Ada ekonom, militer, politikus. Nantilah. Sabar,” ujar Jokowi ketika ditanya soal para kandidat. (pri/*)