oleh

AHY Sambangi Puan Maharani, Ini yang Dibicarakan

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani dikunjungi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/8/2020). Keduanya membicarakan berbagai hal, mulai dari penanganan pandemi Covid-19 hingga Pilkada Serentak 2020.

“Dalam pertemuan tadi kami bicara beberapa hal terkait dengan bagaimana permasalahan penanganan Covid -19 ke depan,” kata Puan usai pertemuan dengan AHY.

Dirinya dan AHY sepakat bahwa untuk penanganan Covid -19 dibutuhkan peran semua elemen masyarakat untuk ikut serta dalam penanganannya. Langkah itu, menurut dia, agar pandemi Covid -19 bisa segera berlalu.

Puan yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan ini mengakui, Partainya dan Demokrat memiliki beberapa kesamaan di Pilkada 2020. Menurutnya, AHY memastikan akan berkoalisi dengan PDIP di beberapa wilayah.

“Di beberapa tempat di Pilkada 2020, di 270 daerah, alhamdulillah di beberapa tempat antara PDI Perjuangan dengan Demokrat melakukan kerja sama untuk dukung calon di beberapa tempat,” jelas Puan.

Dia pun menyebut, pertemuan pertamanya dengan AHY sejak dilantik menjadi Ketua Umum Demokrat. Mereka diketahui bertemu sebelumnya pada perayaan Idul Fitri 2019 lalu.

Ketika itu, AHY bertandang ke rumah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yang juga ibunda Puan. Namun AHY belum menjadi ketua umum Demokrat pada saat itu.

“Ini pertemuan pertama dalam silaturahmi sebagai ketum dan ketua DPR dan kami berharap ini bukan pertemuan pertama dan terakhir, tapi tetap lakukan silaturahmi untuk bangsa ini bersama-sama,” ujar Puan.

Sementara itu, AHY mengaku pertemuan dengan Puan sekaligus membicarakan kerja sama Pilkada 2020 antara Demokrat dengan PDI Perjuangan.

Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu mengakui, di beberapa tempat PDIP dan Demokrat memiliki kesamaan untuk berkoalisi.

“Tadi bicara ternyata banyak kebersamaan PDIP dan Demokrat di berbagai Pilkada. Mudah-mudahan kerja sama dan sinergi ini bisa terus dipelihara dan upaya untuk bangsa ini,” ujar AHY.

Dia mengaku sudah merencanakan sejak lama untuk bertemu Puan dan bersilaturahmi selaku Ketua Umum Demokrat terpilih. Hanya saja terhalang karena pandemi Covid-19.

Dia juga menyempatkan menitipkan salam untuk ibunda Puan, Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Karena memang ini pertemuan pertama, saya sampaikan salam hormat untuk Ketum PDIP, Megawati semoga beliau selalu sehat walafiat,” ucapnya. (goek)

rekening gotong royong