Agar Pahami Pemikiran Bung Karno, Ini yang Dilakukan Puti Saat Kecil

SURABAYA – Di sela Temu Kangen Barisan Soekarnois Jatim Bersama Guntur Soekarno Putra kemarin, Cawagub Puti Guntur Soekarno bercerita sekelumit tentang sebagian kehidupan di masa kecilnya.

Cucu dari Sang Plokamator Bung Karno ini rela menabung tiap hari demi mendapatkan buku berjudul ‘Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ dan ‘Dibawah Bendera Revolusi’.

Mbak Puti sapaan akrab Calon Wakil Gubernur nomor urut 2 pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini menyatakan, saat masih kelas 6 SD, diberi tugas oleh ayahnya, Guntur Soekarno Putra.

Sebagai anak semata wayang Guntur, dia tidak dimanja. Justru malah digembleng agar menjadi sosok yang meneruskan perjuangan kakeknya, Bung Karno nantinya.

Tugas yang diberikan ayahnya, yakni membaca habis buku Bung Karno ‘Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’. “Saya harus menabung setiap hari untuk bisa membeli buku ini. Uang jajan saya saat itu Rp 300,” ceritanya.

Ketika tabungannya yang berupa celengan dari tanah liat bentuk ayam sudah penuh, barulah dipecah. Pada saat itu, katanya, buku ‘Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ harganya Rp 13 ribu.

“Ketika celengan penuh, langsung saya serahkan ke ayah untuk bisa mendapatkan buku itu,” katanya.

Dari situlah, Puti telah mengetahui bagaimana pemikiran Bung Karno dalam mempromosikan Indonesia di mata dunia. Tidak cukup sampai disitu, ketika hendak lulus SMA pun, dia kembali diberi tugas ayahnya untuk melahap habis buku ‘Dibawah Bendera Revolusi”.

“Ayah saya bilang, Puti, kamu harus membaca buku ini (Dibawah Bendera Revolusi, red) agar pemikiran Bung Karno menjadi pegangan kamu untuk melangkah. Habiskan,” kata Puti seraya menirukan pesan ayahnya.

Kedua buku itu, menurutnya, agar tidak gagap sejarah. Nah, ketika Puti mendapatkan tugas Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai cawagub mendampingi Gus Ipul dalam Pilgub Jatim, dia menyatakan siap.

“Karena saya punya keyakinan dan tekad untuk bisa mewujudkan cita-cita kakek saya Bung Karno,” terangnya.

Hal itu semakin membuat Mbak Puti yakin untuk memenangkan Pilgub Jatim karena  barisan Soekarnois siap mengawalnya.

“Saya percaya lewat seribu tangan, seribu pemikiran, seribu kaki bersama Soekarnois melangkah bersama memperjuangkan pemikiran-pemikiran Bung Karno. Dengan mental Banteng Ketaton, Saya ajak saudara-saudaraku dari ufuk timur Jawa ini kita menangkan dan menjaga Pancasila,” ujarnya. (goek)