Ada Megawati dan Puan di Antara Para Pemimpin Dunia

pdip jatim - historical walk KTT AABANDUNG — Ada pemandangan menarik dalam acara historical walk dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (24/4/2015) pagi. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan sang anak, Puan Maharani, hadir dalam acara itu.

Megawati hadir dalam perayaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) kali ini sebagai Presiden ke-5 RI. Di dalam historical walk ini, Megawati berjalan di baris terdepan di samping Peng Liyuan, istri Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Sementara itu, Puan hadir sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tak seperti para menteri lainnya yang sudah berjalan kaki lebih dulu sebelum pawai kepala negara dan kepala pemerintahan dilakukan, Puan berjalan di lapis kedua di belakang sang ibunda bersama para pemimpin Asia Afrika.

Pelaksanaan historical walk ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan moment of silence dan pembacaan pidato oleh perwakilan Asia dan Afrika di Gedung Merdeka. Mereka kemudian berkeliling Museum KAA untuk melihat kembali perjuangan para pelopor pergerakan Asia Afrika pada tahun 1955.

Selanjutnya, mereka yang beragama Islam melakukan shalat Jumat. Semua kepala negara dan kepala pemerintahan akan menandatangani prasasti yang berisi Pesan Bandung. Dari Bandung, semua tamu negara akan kembali ke negaranya masing-masing mulai hari ini. (Kompas)