Ada Arahan Khusus Jokowi kepada 9 Sekjen Parpol Pendukungnya

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan, ada kekuatan darat dan kekuatan langit yang menopang Joko Widodo (Jokowi ) di Pilpres 2019.

“Kami tetap terus membawa upaya dialog betul-betul kontestasi lebih baik. Karena bergabungnya (parpol koalisi), sudah 62 persen di DPR,” kata Hasto, setelah pertemuan antara Jokowi dengan 9 sekjen parpol pendukungnya, Selasa (31/7/2018).

Sembilan parpol pendukung Jokowi di Pilpres 2019 adalah PDIP, Golkar, NasDem, PPP, PKB, Hanura, PSI, Perindo, dan PKPI. Menurut Hasto, kekompakan 9 parpol koalisi ini akan lebih efektif, salah satunya dalam hal pertumbuhan ekonomi.

“Ini gabungan yang kuat. Kekuatan langitan, kekuatan media sangat kuat. Kekuatan darat, semua punya caleg mencapai sekitar 21 ribu,” ucapnya.

Pertemuan Jokowi dengan sekjen parpol koalisi berlangsung di Grand Garden Resto & Cafe, kompleks Kebun Raya Bogor. Sekjen parpol yang hadir adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Sekjen NasDem Johnny G Plate.

Kemudian Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Pertemuan ini membahas langkah strategis terkait koalisi Pilpres 2019. “Kami membahas bagaimana langkah-langkah strategis menyangkut penjabaran nawacita kedua. Sudah ada tim disusun sehingga terjadi sinergi dalam hal visi-misi,” ujar Hasto Kristiyanto.

Dalam pertemuan ini, Jokowi memberikan arahan khusus kepada 9 sekjen partai pendukungnya. Menurut Hasto, pertemuan itu membahas empat poin.

Arahan Jokowi ada di poin keempat.”Keempat, arahan khusus dari Jokowi yang tidak bisa disampaikan ke publik,” jelas Hasto.

Pertemuan itu membahas pelaksanaan penjagaan komitmen kebangsaan terhadap Pancasila. Ini penting untuk memastikan kondisi yang baik menjelang pendaftaran Pilpres 2019, yang akan dibuka KPU pada 4-10 Agustus 2018.

“Kemudian yang kedua, kami membahas langkah strategis seluruh partai pengusung menyangkut penjabaran. Ada tim khusus yang menggodok itu dan akan dimatangkan dengan partai pendukung beliau,” tutur Hasto.

Hal ketiga yang dibahas adalah soal kampanye. Mereka memastikan kampanye pileg dan pilpres akan diarahkan untuk kemenangan Jokowi. “Kami sepakat memastikan jalan kemenangan untuk rakyat terhadap Jokowi,” kata Hasto.

Barulah di poin keempat berisi arahan khusus dari Jokowi. “Intinya, kami akan bertemu secara teknis, seluruh parpol sudah membahas sampai tahap detail operasional pemenangan presiden,” imbuhnya. (goek)