50 Bakal Calon Ketua PAC Ikut Tes Tulis Susulan

tes tulis bwi

Salah seorang bakal calon ketua PAC saat tes tulis di Banyuwangi

BOJONEGORO – Sebanyak 100 bakal calon ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Bojonegoro mengikuti fit and proper test di aula IKIP PGRI Bojonegoro, Rabu (14/1/2015). Sementara sekitar 50 bakal calon lainnya akan mengikuti tes susulan karena tidak dapat hadir hari ini.

Wakil Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, Mugi Waluyo mengatakan, tes tulis ini merupakan kali pertama bagi PDI Perjuangan untuk penyaringan Ketua PAC. Sedangkan sebelumnya dilakukan dengan sistem voting.

“Jika dilaksanakan dengan voting rawan menimbulkan money politik,” kata Mugi Waluyo.

Dengan dilaksanakannya tes serupa, maka dinilai mampu meminimalisir adanya money politik maupun bentuk pelanggaran lain. Terlebih test dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur.

“Sementara DPC hanya memfasilitasi saja,” ujar mantan anggota DPRD Bojonegoro periode 2009-2014 ini.

Selanjutnya, dari hasil tes tulis yang diselenggarakan hari ini akan dipilih tiga orang tiap PAC. Ketua PAC akan dipilih secara musyawarah mufakat.

Namun apabila dari tiga calon yang direkomendasikan DPD Jatim menemui titik temu siapa ketua yang dipilih, maka berdasarkan surat DPP nomor 066 dan 067 disebutkan akan dilakukan pembekuan terhadap pengurus kecamatan terkait dan diambil alih oleh DPP. Ditargetkan proses penentuan ketua PAC se-Kabupaten Bojonegoro ini rampung Januari 2015. (ltb)