4 Unit Baguna Jatim Bantu Pengungsi Kelud

Baguna saat akan berangkat ke Merapi 7 November 2010DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur mengirimkan empat unit mobil Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke beberapa lokasi pengungsi korban letusan Gunung Kelud. Pengiriman empat minibus serbaguna itu untuk memperkuat tim PDI Perjuangan yang sudah ada di beberapa lokasi sekitar kawasan bencana.
Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur SW Nugroho menjelaskan, mobil Baguna itu dikirim ke wilayah Blitar, Batu dan sekitarnya, dan Kediri. “Unit-unit Baguna dan personelnya ini untuk mendukung tugas kemanusiaan yang sudah dilakukan kader-kader PDI Perjuangan sejak Jumat (14/2/2014) lalu,” jelas Nugroho, di Surabaya, Senin (17/2/2014) dini hari.

Di lokasi bencana, mobil Baguna membantu kelancaran pemberian bantuan kepada pengungsi. Seperti mendistribusikan bantuan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Masing-masing unit di bawah koordinasi petugas partai, seperti Bambang Suhartono (anggota DPRD Provinsi Jatim) untuk wilayah Blitar, Sutiyo (anggota DPRD Provinsi Jatim) untuk wilayah Batu dan Malang, serta wilayah Kediri di bawah koordinasi Sri Wuryani (tim kesehatan Baguna Jatim).

“Satu unit lagi di bawah koordinasi Mbak Eva (Eva Kusuma Sundari, anggota DPR RI),” kata Nugroho.

Tidak hanya dari DPD Jatim, menurut Nugroho, masing-masing DPC PDI Perjuangan, juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan. “Gotong royong kader PDI Perjuangan ini semata untuk meringankan beban pengungsi letusan Kelud yang menjadi keprihatinan kita semua,” ujar dia.

Terpisah, saat dihubungi lewat ponselnya, legislator DPR RI Eva Kusuma Sundari mengatakan, dia dan timnya memfokuskan pemberian bantuan untuk pengungsi di wilayah Blitar. Bantuan yang dia serahkan ditujukan untuk kebutuhan pengungsi manula, bayi, dan perempuan. Seperti pampers (dewasa dan bayi), pembalut, CD, bra, dan alat mandi.

Baca juga: <a href=”http://pdiperjuangan-jatim.com/eva-pengungsi-kelud-butuh-mck-mobile/”target=_blank>Eva: Pengungsi Kelud Butuh MCK Mobile</a>

Juga susu bayi, air mineral, obat-obatan ringan dan 10.000 masker. “Ini misi kedua. Misi pertama sudah bergerak hari Jumat pagi berupa pengiriman 3.000 masker lewat Paroki Pare,” terang wakil rakyat dari dapil VI Jatim (Kediri, Blitar, Tulungagung) ini.

Sementara, satu unit kesehatan Baguna Jatim siap meluncur ke kawasan pengungsian di Kediri. “Kami akan menggelar pengobatan gratis dan pemberian sembako,” jelas Sri Wuryani. (pri)