4 Kandidat Kepala Daerah di Jatim Penuhi Panggilan DPP PDI Perjuangan

SURABAYA – Tiga kandidat calon kepala daerah dari kabupaten/kota di Jawa Timur  memenuhi panggilan DPP PDI Perjuangan pada Minggu (14/6/2020).

Keempat kandidat tersebut, tiga merupakan petahana, yakni Bupati Blitar Rijanto, Wali Kota Blitar Santoso, dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Satunya lagi, adalah Hanindhito Himawan Pramono, putra Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Deni Wicaksono mengatakan, mereka dipanggil datang ke DPP guna pengerucutan calon kepala daerah yang akan diusung PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, dan Kabupaten Trenggalek.

“Kalau pengumuman calon yang akan diusung PDI Perjuangan akan dilakukan sekitar akhir Juni atau awal Juli 2020,” jelas Deni saat dihubungi wartawan, Rabu (17/6/2020).

Sebelum pandemic Covid-19, PDIP sudah mengumumkan tiga pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Jatim.

Ketiga daerah tersebut adalah Kabupaten Malang untuk petahana Bupati Malang Sanusi berpasangan dengan Didik Gatot Subroto.

Daerah lainnya yaitu Kabupaten Ngawi untuk petahana Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar berpasangan dengan Dwi Rianto Jatmiko, serta petahana Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi berpasangan dengan Dewi Khalifah.  

Dalam Pilkada 2020, ada 19 kabupaten/kota di Jatim yang akan menggelar pilkada. Yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Ngawi.

Kemudian Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, serta Kabupaten Kediri. (goek)