34 Persen Perempuan Kuasai DPRD Surabaya

gedung DPRD SbySURABAYA – Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya perempuan periode 2014 – 2019 mencapai 17 orang. Jumlah ini mencapai 34 persen dari total 50 anggota dewan nantinya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya, Eko Waluyo mengatakan, banyaknya anggota dewan terpilih perempuan merupakan fenomena menarik dan sangat baik. Dengan hasil ini, diharapkan kinerja DPRD Surabaya bisa berjalan lebih baik.

“Itu yang kita harapkan, dan yang pasti kaum perempuan anggota DPRD bisa lebih baik kinerjanya dalam menyelesaikan persoalan rakyat,” ujar Eko di hotel Elmi Surabaya, Selasa (13/5/2014).

Selain kuota perempuan yang sudah terpenuhi, KPU kota Surabaya juga memastikan kalau 31 anggota DPRD Surabaya yang terpilih adalah wajah baru. Sedangkan yang incumbent hanya 19 orang saja.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga menjadi “juara” dalam pemilu legislatif di kota Surabaya. Partai pemenang pemilu 2014 secara nasional ini mendapatkan 346.320 suara.

Posisi kedua diduduki Partai Gerindra dengan perolehan suara 142.879 suara, disusul Partai Demokrat dengan perolehan suara 140.267 suara. Dengan hasil seperti ini, posisi Ketua DPRD Surabaya dipastikan menjadi milik kader PDI Perjuangan. (ovi)