3 Kader PDIP dari Dapil 9 Jatim Lolos ke Indrapura, Ini Salah Satunya…

PACITAN – PDI Perjuangan menguasai perolehan kursi DPRD Jawa Timur di Dapil 9 Jatim (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek).

Dari 12 kursi DPRD Jatim yang diperebutkan di dapil 9, PDIP berhasil meraih 3 kursi. Raihan ini naik satu kursi dibanding Pemilu 2014.

Tiga kader PDIP yang lolos ke DPRD Provinsi, satu di antaranya caleg petahana yakni Bambang Juwono (Wakil Ketua DPD PDIP Jatim), dan dua lainnya pendatang baru.

Satu di antara pendatang baru itu, adalah Diana Amaliyah Verawatiningsih. Politisi perempuan 39 tahun kelahiran Pacitan itu memastikan 1 kursi setelah mendulang 31 ribu suara.

“Ini adalah kerja nyata seluruh caleg dan struktural PDI Perjuangan sehingga berhasil merebut tiga kursi DPRD Provinsi di dapil 9,” kata Sasa, sapaan akrabnya, kemarin.

Perjuangan perempuan kelahiran 28 Maret 1980 merebut kursi di DPRD Provinsi tersebut laik dijadikan inspirasi. Sempat gagal dalam 2 kali pemilu, Srikandi PDI Perjuangan itu tak pernah patah semangat.

“Saya pernah maju di Pileg 2009 dan 2014 tetapi gagal. Alhamdulillah untuk partisipasi yang ke-3 ini mendapat amanah dan kepercayaan masyarakat pemilih,” lanjut alumnus Unesa yang gemar baca buku tersebut.  

Menurutnya, tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk terpilih sebagai wakil rakyat. Dia hanya mengandalkan hubungan keluarga, dan relasi pertemanan yang sudah terbangun jauh hari sebelum pemilu berlangsung.

Selain itu pegiat literasi ini juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dan kampanye.

“Modalnya hanya kenal dan percaya. Saya data semua kenalan lalu mohon doa restu dan dukungan secara langsung. Praktis selama proses (pemilu) hanya mengeluarkan sekitar Rp. 20 juta untuk cetak kartu nama, biaya operasional dan pasang iklan media sosial,” ujarnya

Dia tak menampik perolehan suara besar partai turut mengantarkannya ke Indrapura (sebutan gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura, Surabaya).

Jokowi efek, sebutnya, juga punya andil besar dalam perolehan kursi DPRD dari Dapil 9 Jatim. “Kepercayaan masyarakat terhadap PDIP juga terus meningkat,” tambah alumnus SMAN Nawangan, Pacitan tersebut.

Karena itu, jika sudah resmi sebagai wakil rakyat nanti, dia bertekad untuk membalas kepercayaan rakyat dengan kerja nyata. (goek)