19 Kader PDI Perjuangan Resmi Ngantor di Indrapura

pdip jatim - pelantikan dprd jatim 2014-2019SURABAYA – Sebanyak 100 anggota DPRD Provinsi Jawa Timur hasil pemilu legislatif 2014 resmi dilantik di gedung DPRD Jalan Indrapura, Surabaya, Minggu (31/8/2014). Dari 100 anggota yang dilantik, 19 di antaranya dari PDI Perjuangan.

Pengucapan sumpah dan janji pelantikan yang dipandu Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, dimulai sekitar pukul 10.45 WIB. Setelah itu dilanjutkan penandatanganan berita acara sumpah dan janji yang diwakili anggota dewan dari masing-masing perwakilan agama.

Dalam rapat paripurna istimewa itu juga diputuskan, ketua sementara DPRD Jatim dipegang Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jatim. Sedang wakil ketua sementara dipegang Kusnadi, yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim.

Abdul Halim Iskandar ditunjuk sebagai ketua sementera, karena PKB memperoleh suara terbanyak pada Pileg 2014, yakni 20 kursi. Sedang PDI Perjuangan di posisi kedua dengan raihan 19 kursi.

Saat pidato, Abdul Halim Iskandar menargetkan seluruh alat kelengkapan dan pemilihan ketua difinitif bisa rampung dalam 2 minggu kedepan. Target 2 minggu tersebut, menurut dia, sangat realistis karena jika melebihi akan banyak kerjaan yang tidak bisa selesai pada waktunya, salah satunya pengesahan APBD Jatim 2015.

“Berharap 2 minggu bisa selesai karena tugas kita sangat banyak dan melanjutkan amanah periode sebelumnya,” kata Abdul Halim Iskandar

Rapat paripurna istimewa pelantikan anggota DPRD Jatim juga dihadiri Gubernur Soekarwo dan Wagub Syaifullah Yusuf. Tampak hadir, jajaran unsur muspida, pejabat instansi vertikal, dan instansi lainnya.

Saat memberi sambutan, Soekarwo membacakan pidato Mendagri Gamawan Fauzi. Inti sambutan, mendagri menyampaikan apresiasinya terhadap anggota DPRD yang baru dilantik. Gamawan berharap antara DPRD dan pemerintah provinsi bersinergi dalam melaksanakan pembangunan di Jatim.

Mendagri juga mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2014 yang berjalan aman dan lancar. Dan terpenting, pileg 2014 menghasilkan wajah-wajah baru, yang secara nasional jumlahnya sekitar 75 persen dari bermacam profesi. “Selamat bekerja, selamat menjalankan tugas sebaik-baiknya,” kata Soekarwo, mengakhiri pembacaan naskah pidato Gamawan Fauzi.

Selama pelantikan, gedung DPRD Jatim dijaga ketat petugas kepolisian. Demikian juga jalan-jalan di sekitar gedung dewan. Menurut Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setyono, pengamanan pelantikan melibatkan 1.265 polisi, terdiri dari 671 anggota Polda Jatim dan 294 anggota Polrestabes Surabaya. (pri)

Foto-foto pelantikan, klik: Di sini

Daftar anggota DPRD Jawa Timur periode 2014-2019 dari PDI Perjuangan:

01. Bambang DH (Dapil Jatim 1)

02. Kusnadi (Dapil Jatim 1, petahana)

03. Agatha Retnosari (Dapil Jatim 1)

04. Eddy Paripurna (Dapil Jatim 2)

05. Sudjarwo Arkat (Dapil Jatim 3)

06. Umar Bashor (Dapil Jatim 4, petahana)

07. Sri Untari (Dapil Jatim 5)

08. Sugeng Pujianto (Dapil Jatim 5)

09. H Gunawan (Dapil Jatim 5)

10. Bambang Suhartono (Dapil Jatim 6, petahana)

11. Suharti (Dapil Jatim 6, petahana)

12. Islan Gatot Imbata (Dapil Jatim 6, petahana)

13. Bambang Juwono (Dapil Jatim 7, petahana)

14. Giyanto (Dapil Jatim 7)

15. SW. Nugroho (Dapil Jatim 8)

16. Gatot Supriyadi (Dapil Jatim 8)

17. Ali Mudji (Dapil Jatim 9, petahana)

18. Suhandoyo (Dapil Jatim 10, petahana)

19. Mahhud (Dapil Jatim 11)